Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saran dari Pengamat biar Puncak Tak Lagi Macet Total Saat Libur Panjang

BOGOR, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW akhir pekan lalu cukup mengerikan. Wisatawan mengeluh terjebak macet lebih dari enam jam, tidak bisa ke mana-mana.

Kejadian Jalur Puncak yang macet seperti itu bukan terjadi yang pertama kali, tapi hampir setiap libur panjang.

Pengamat transportasi Budiyanto mengatakan, ada beberapa hal yang harus dipastikan untuk mengatasi kemacetan arah Puncak dan sebaliknya saat libur panjang.

"Pertama, skema ganjil genap tetap bisa diberlakukan dengan memastikan berjalan efektif. Tidak ada yang pakai nomor polisi palsu," kata Budiyanto kepada Kompas.com, Senin (16/9/2024).

Skema lalu lintas lain seperti one way tetap bisa dilakukan dengan pengaturan waktu yang fleksibel. Artinya, kendaraan tidak diam terlalu lama dalam kondisi mesin menyala yang akhirnya berisiko membahayakan kesehatan orang.

"Ketiga, pengaturan kendaraan yang melewati jalan alternatif pada saat bersinggungan dengan arus one way tidak menimbulkan konflik yang berlama-lama. Itu bisa mengakibatkan terganggunya kinerja lalu lintas," kata Budiyanto.

Saran keempat, manfaatkan angkutan umum secara maksimal sehingga mengurangi jumlah kendaraan pribadi. Tempatkan juga anggota polisi secara stasioner dan patroli, jadi bisa mendeteksi titik kemacetan yang bisa segera dicari solusi.

"Optimalkan RTMC di Polda dan TMC di Polres untuk mendeteksi situasi lalu lintas secara real time dan cari solusi yang tepat dan cepat," kata Budiyanto.

Terakhir adalah peran dari masyarakat juga mutlak hukumnya. Misalnya tidak boleh parkir sembarangan di bahu jalan, bantu petugas memberi informasi kalau ada kemacetan, dan sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/17/081200415/saran-dari-pengamat-biar-puncak-tak-lagi-macet-total-saat-libur-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke