Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Sebut Butuh Bertahun-tahun untuk Bisa Kompetitif Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah beberapa musim belakangan ini, Yamaha masih belum sanggup tampil kompetitif di MotoGP. Menurut Yamaha, butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa bersaing lagi di barisan depan.

Yamaha M1 sudah tidak pernah lagi terlihat di barisan terdepan. Bahkan, untuk menembus sepuluh besar saja sulit.

Massimo Bartolini sudah menjadi Direktur Teknis untuk proyek Yamaha MotoGP selama enam bulan belakangan ini. Dia dianggap sebagai teknisi yang ahli dalam hal manajemen ban Michelin.

Sebelum bergabung dengan Yamaha, Bartolini membela Ducati. Untuk musim ini, dia lebih tertarik untuk membuat Yamaha kompetitif kembali.

"Kami memiliki banyak pekerjaan menanti, tapi semua orang mencoba lebih keras untuk memangkas jarak. Impresi saya bagus setelah enam bulan ini," ujar Bartolini, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (5/9/2024).

"Apa yang saya lihat setelah enam bulan kurang lebih menegaskan perasaan yang saya miliki dari luar. Ini akan menjadi pekerjaan yang panjang karena kami harus meningkatkan keseluruhan paket, yang membutuhkan lebih banyak waktu daripada menyelesaikan satu masalah. Seperti yang saya duga, ini akan memakan waktu bertahun-tahun,” kata Bartolini.

Bartolini mengatakan, dirinya yakin musim depan bisa sedikit memangkas jarak. Namun, menurutnya, mendekat adalah satu hal, tapi menjadi kompetitif adalah hal yang berbeda.

“Semoga kami akan lebih dekat tahun depan dan kembali kompetitif pada musim berikutnya," ujarnya.

Bartolini mengatakan, sangat penting memiliki tim satelit karena lebih mudah untuk membuat kemajuan dengan beberapa pebalap. Terlepas dari persaingan internal, para pebalap juga senang karena pada akhirnya mereka memiliki sesuatu untuk dibandingkan. Sebagai seorang teknisi, menurutnya, hal ini sangat membantu untuk menentukan arah.

Musim depan, Yamaha akan dibantu oleh Pramac Racing sebagai tim satelitnya. Hingga kini, belum diumumkan siapa yang akan menjadi pebalapnya. Tapi, banyak yang menduga Miguel Oliveira dan Jack Miller yang akan mengisi tempat tersebut.

“Bagi saya, ini akan sangat penting, terutama di awal. Komentar dan perbandingan mereka akan sangat berharga untuk melihat di mana kami bisa berkembang. Selain itu, mereka adalah dua pebalap pintar yang harus beradaptasi terlebih dahulu. Tentu saja, kami tidak bisa memberikan motor yang mereka harapkan di awal. Tapi itu akan membantu kami untuk memiliki dua pebalap berpengalaman," kata Bartolini.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/05/094200615/yamaha-sebut-butuh-bertahun-tahun-untuk-bisa-kompetitif-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke