Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Penyebab Fatalitas Tabrak Belakang Truk Tinggi

KLATEN, KOMPAS.com - Peristiwa mobil menabrak bagian belakang truk yang sedang berhenti di bahu jalan tol marak terjadi, lantaran menyalahi aturan. Seperti menyalip tidak pada lajurnya, dan berhenti di bahu jalan meski kondisinya tidak darurat.

Terlepas siapa salah dan benar, yang pasti tingkat fatalitas ketika terjadi tabrak belakang truk sangat tinggi. Pasalnya berbagai fitur keselamatan pasif yang ada pada mobil pribadi tak bisa menghalau benturan tersebut.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan kebanyakan mobil pribadi memiliki dimensi lebih kecil daripada truk sehingga tinggi roda tak sama.

“Maka dari itu, ketika terjadi benturan pada peristiwa tabrak belakang truk maka yang terjadi bodi truk akan langsung menghantam bagian kabin, tepat berada di muka penumpang, sehingga fitur keselamatan pasif tidak bisa menghalaunya,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (24/6/2024).

Muchlis mengatakan, fitur keselamatan pasif pada mobil meliputi airbag, safety belt pretensioner, desain bodi sebagai peredam benturan atau reinforced impact safety evolution (RISE).

Menurut Muchlis, fitur keselamatan pasif tersebut dapat berperan mengurangi fatalitas setelah kendaraan mengalami kecelakaan, yakni dengan berusaha menjaga area kabin tetap utuh.

“Tapi semuanya akan efektif bila benturan mengenai bagian depan mobil atau moncongnya selaku peredam agar tujuan RISE terjadi, jika benturan menyasar area pilar ke atas maka airbag, dan sejenisnya tidak akan efektif melindungi,” ucap Muchlis.

Ketika benturan terjadi mulai dari pilar ke atas, menurut Muchlis bagian bodi depan mobil atau desain RISE ini tidak menjadi peredam dengan efektif sehingga benturan langsung merusak bagian kabin.

Maka dari itu, beberapa pihak menyarankan agar truk menggunakan bumper belakang alias rear underrun protection (RUP) agar ketika terjadi tabrakan belakang bumper tersebut dapat menjadi tumpuan benturan.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan, mengatakan, RUP memiliki peran penting dalam mengurangi risiko fatalitas atas timbulnya korban jiwa ketika terjadi tabrakan pada bagian belakang truk.

Wildan juga mengatakan, pihaknya terus mendorong semua truk wajib dilengkapi dengan RUP atau bumper belakang.

“Untuk penurunan fatalitas, kami mendorong semua kendaraan barang wajib dilengkapi dengan perisai kolong belakang (RUP),” ucap Wildan, belum lama ini.

Jadi, tingkat fatalitas dari peristiwa tabrak belakang truk tinggi karena ketika mobil pribadi masuk ke kolong truk maka benturan akan terpusat ke bagian pilar dan langsung menghantam penumpang..

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/25/111200815/ini-penyebab-fatalitas-tabrak-belakang-truk-tinggi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke