Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cegah Ular Bersarang di Ruang Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski bukan habitat alaminya, tapi rupanya tak sedikit ular masuk ke ruang mesin mobil dan bagian dalam sepeda motor.

Kejadian ular masuk ke ruang mesin mobil bisa dikatakan hal yang acak atau dalam bahasa Inggris yaitu random.

Lantas bagaimana cara mencegah ular masuk ke ruang mesin mobil dan motor?

Erik Hendrayana, perawat reptil (Reptil Keeper) di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, mengatakan, ular masuk ruang mesin biasanya waktu musim hujan.

"Bisanya waktu musim hujan, ular masuk mesin itu mencari tempat aman, nyaman dan yang hangat. Apalagi kalau mau masuk musin hujan untuk mengatur suhu tubuh," kata Erik kepada Kompas.com yang dihubungi belum lama ini.

Erik mengatakan, untuk mencegah ular masuk ruang mesin pada dasarnya ialah mengurangi faktor-faktor yang dapat mengundang kehadiran ular.

"Ular nomaden dan tidak menetap di suatu tempat. Jadi begitu terkena jangkauan manusia dia akan beralih," ujarnya.

Erik mengatakan, untuk mencegah kedatangan ular maka pemilik mobil wajib menjaga kebersihan kabin, sebab kabin yang kotor dapat mengundang tikus dan seperti diketahui tikus merupakan mangsa ular.

"Awalnya mungkin dari dalam mobil, kabin, jadi kendaraan mesti bersih, jangan mengundang tikus. Kedua jangan parkir lama di tempat yang memungkinkan ada ular seperti di semak-semak. Apalagi untuk mobil yang jarang dipakai," ujarnya.

Ular bisa masuk ruang mesin sebab sebagian mobil saat ini kerap tidak dilengkapi dengan cover di bagian bawah ruang mesin. Sekalipun ada pelindung (cover) tetap ada celah kecil untuk binatang masuk.

drh. Rudal Jetta Bayusalaksa, MSc, dari Kit Kat petshop and petcare, Yogyakarta, mengatakan, ular memang mendatangi tempat di mana tikus bersarang.

"Kemudian kadang, mobil yang lama tidak dipakai jadi sarang tikus, ada kencing tikus juga di situ mengundang ular untuk ke sana. Jadi seolah ada pemancingnya," ujar Jetta.

Biasakan membersihkan area sekitar parkir kendaraan. Ular biasanya akan terganggu dengan barang yang berbau menyengat seperti kapur barus. Taruh beberapa butir kapur barus atau kamper di sekitar mobil atau sepeda motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/24/170100315/cara-cegah-ular-bersarang-di-ruang-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke