Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Toyota Rush Lawan Arah Saat Macet, Dipaksa Mundur

SOLO, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan aksi mobil yang melawan arah dan diadang oleh bus.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @magelang_news, Sabtu (13/4/2024). Terlihat di mana sebuah mobil Toyota Rush warna putih yang nekat melawan arah di jalanan yang sedang macet dan akhirnya dihadang oleh bus.

Dalam video juga terlihat, karena Rush tidak bisa melanjutkan perjalanan karena diadang oleh bus, akhirnya dia berjalan mundur untuk kembali ke jalurnya.

Peristiwa seperti ini sayangnya sering kali terjadi, padahal jalur yang berlawanan itu hak orang lain, artinya kalau melakukan hal tersebut sama dengan mengambil yang bukan haknya.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, jalur yang berlawanan itu walau kosong bukan berarti boleh dipakai.

“Pengemudi harus punya rasa empat. Kemacetan adalah konsekuensi yang harus diterima dan dijalankan bersama-sama dengan yang lain. Tidak boleh ada yang mendapat prioritas, kecuali pemadam kebakaran atau ambulans,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Sony, orang yang mengambil jalur orang yang mengambil jalur orang saat macet selain tidak punya empati, juga tidak berpendidikan. Moral mereka rendah, sayangnya itu memang tidak ada pelajaran di sekolah.

“Dalam konteks berkendara, moral itu mau berbagi ruang, sopan, menerapkan aturan lalu lintas, takut membuat orang lain celaka dan tidak mengambil hak orang lain,” kata Sony.

Mirisnya, mereka ingin cepat sampai ke kampung halaman tapi caranya merugikan banyak orang. Pendidikan mengemudi yang bermoral ini seharusnya diajarkan sejak kecil, agar tertanam saat sudah bisa mengemudikan kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/14/132100615/video-toyota-rush-lawan-arah-saat-macet-dipaksa-mundur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke