Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hino Yakin Pasar Bus Bisa Tumbuh 20 Persen Tahun Ini

Chief Operating Officer Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengatakan, permintaan bus di sejumlah wilayah sedang baik meski pada awal tahun sedikit melambat.

Perlambatan diketahui terjadi karena efek Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, tetapi hal itu sudah diantisipasi.

"Untuk bus, mestinya oke saya bilang mesti bagus. Saya rasa kami lihat bus pertumbuhannya bisa lebih dari 20 persen dari tahun lalu ya," ujar Santiko yang ditemui di pameran khusus kendaraan komersial, Giicomvec 2024, belum lama ini.

Diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke diler) bus nasional sepanjang Januari-Desember 2023 sebanyak 6.227 tembus 140 persen year on year (YoY) menjadi.

Adapun penjualan retail (diler ke konsumen) bus nasional juga tumbuh 59 persen menjadi 5.369 unit. Pada awal 2024, wholesales turun 14 persen menjadi 376 unit. Namun, retailnya tetap meningkat 46 persen sebesar 585 unit.

Tahun lalu, dari Januari sampai September 2023, Hino menguasai tiga besar sasis bus terlaris, yaitu Hino RM280 ST, GB150, dan RK280 STD.

Santiko menyebutkan, penjualan sasis bus Hino RM280 diminati banyak perusahaan otobus. Sasis bus besar dengan mesin belakang dan menggunakan space frame ini tangguh buat perjalanan jauh.

Santiko mengatakan, penyerapan paling banyak masih di Pulau Jawa tapi berangsur perusahaan otobus (PO) asal Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi mulai banyak yang memesan.

"Tetap di Jawa, tapi kami bergerak ke Sumatera. Sumatera sudah mulai seluruh kota ada yang ambil dan saya ke Samarinda (Kalimantan), dan dari Sulawesi (PO) Bintang Sahira. Kemarin saya sudah ketemu itu dan mereka sudah langsung beli tiga unit," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/03/11/121200715/hino-yakin-pasar-bus-bisa-tumbuh-20-persen-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke