Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Beli Suku Cadang di Lapak Online Anti-Tipu

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi mengubah pola perilaku konsumen. Jika sebelumnya calon pembeli mencari suku cadang kendaraan dengan datang ke toko maka kini mulai berpindah ke lapak online.

Kendati kerap dianggap lebih praktis ada beberapa kekurangan saat memilih onderdil secara online. Salah satu yang paling jadi perhatian ialah barang yang tidak sesuai ekspektasi dan rawan penipuan.

Jeffry Tjoeng, pemilik Union Motor, toko suku cadang Mazda dan Ford di MGK Kemayoran, Jakarta, mengatakan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan calon konsumen saat akan membeli suku cadang secara online.

"Cari yang sudah centang. Lihat dalamannya tokonya. Kalau benar dia dagang suku cadang pasti hanya suku cadang saja, tidak ada gayung, sendok, dan lainnya," kata Jeffry kepada Kompas.com, Selasa (9/1/2023).

"Kalau dia isinya (dagangnya) macam-macam, biasanya patut diragukan. Tapi misalkan begini, dia jual klakson, sekring, dan rumah lampu, itu dia masih berhubungan," ujar Jeffry.

Kemudian kata Jeffry, lihat rating penjualan toko tersebut. Lapak online punya rating toko. Semakin "amanah" sang toko maka nilainya biasanya semakin tinggi. Rating seperti ini bisa dijadikan patokan buat calon konsumen.

"Lihat rating penjualan, terjual berapa dan komen yang positif," katanya.

 

Ketiga kata Jeffry, jangan musah tergiur harga murah. Justru harga yang terlalu murah patut dicurigai penipuan.

"Paling gampang telepon ke diler, tanya harga barangnya, misal cari alternator berapa harganya, kemudia lihat di diler jangan beda dari 10 persen dari harga diler," ujarnya.

"Kalau lebih murah lebih dari 10 persen kamu mesti curiga. Sebab kalau ke toko dapat harga price list, tidak ada untung toko segitu (jika lebih murah dari 10 persen), kamu boleh curiga dia KW," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/10/090200615/trik-beli-suku-cadang-di-lapak-online-anti-tipu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke