Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jorge Martin Minta Michelin Tingkatkan Kualitas Kontrol

Seperti diketahui, pada akhir musim lalu Martin mengkritik performa Michelin yang dianggap tidak konsisten sehingga membuat para pebalap kesulitan.

Satu contoh kasus yang paling jelas ialah saat dia protes kepada Michelin di MotoGP Qatar. Martin merasa bannya mengalami degradasi sehingga dia kesulitan mempertahankan kecepatan.

Padahal saat itu dia sedang mengincar poin untuk menyalip Francesco Bagnaia. Martin tertinggal satu detik dari Bagnaia yang akhirnya mengunci gelar Juara Dunia 2023 di final MotoGP Valencia.

"Tujuan saya ialah berada di posis tiga atau empat besar, jadi sebetulnya posisi kedua itu saya sudah meraih target saya. Tapi target saya pada 2024 buka itu lagi, saya ingin menang (Juara Dunia)," ujar Martin dikutip dari GPOne, Selasa (2/1/2023).

"Sepanjang tahun, banyak yang mengeluhkan bannya kurang baik, sehingga kami harus meningkatkan aspek ini, sebab banyak proyek dari sisi merek ini sendiri," ujar Martin.

Pebalap asal Spanyol tersebut mengingatkan bahwa kualitas ban bisa jadi penentu balapan. Karena itu menurut Martin ban sangat penting dalam balapan.

Menyongsong musim 2024, Martin ingin agar Michelin meningkatkan kontrol sehingga kualitas setiap ban sama.

"Tak peduli kamu membalap seperti apa, jika kamu punya ban yang tidak baik maka tidak akan berhasil. Mereka (Michelin) harus meningkatkan kualias kontrol," ujarnya.

Sebelumnya, Piero Taramasso, pimpinan Michelin di MotoGP, mengatakan, pihaknya coba menyelesaikan banyak kritik. Namun, dia mengatakan hal yang paling mengganggu adalah sebagian besar kritik tersebut "tidak berdasar".

"Saya tahu upaya yang kita lakukan. Kritik sering tidak berdasar, dengar orang bicara konspirasi, sengaja merusak ban tidak masuk akal. Menyalahkan ban selalu menjadi alasan paling mudah," katanya dilansir dari Motorsport.

Sebetulnya bukan cuma Martin yang sering mengeluh terhadap ban Michelin, beberapa pebalap termasuk Francesco Bagnaia juga pernah mengeluhkan beberapa masalah serupa di MotoGP Barcelona.

Namun, Taramasso kembali mengulangi bahwa usai dicek pihak Michelin tidak menemukan masalah berarti. Bahkan Michelin menantang siapa pun yang meragukan kualitas ban Michelin untuk mengunjungi pabriknya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/02/172100715/jorge-martin-minta-michelin-tingkatkan-kualitas-kontrol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke