Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghadapi Pengendara Motor yang Menyebalkan di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Karakter pengguna jalan di Indonesia memang beragam. Tidak sedikit pengendara yang kelakuan menyebalkan di jalan, padahal itu membahayakan dirinya sendiri.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Dashcam Indonesia, di mana terlihat ada pengendara motor yang melaju pelan di lajur kanan. Mobil yang merekam tersebut sudah meminta jalan dengan memakai lampu dim.

Namun, pengendara tadi tidak mengindahkan permintaan mobil perekam. Malahan, motor yang dinaiki dua orang tersebut malah terkesan sengaja mengerem agar tertabrak.

Menanggapi kejadian seperti itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang berkendara tidak dengan etika itu berbahaya, bisa kena tabrak belakang.

"Buat mobil yang nabrak mungkin cuma mengalami kerusakan unit, tapi motor yang tertabrak bisa jatuh dan penunggangnya bisa cedera. Jadi yang rugi si pengendara motor," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (26/5/2023).

Tentu, kelakuan pengendara motor seperti yang ada di video kerap ditemui di jalan. Bagi para pengemudi yang kebetulan bertemu, bisa lakukan beberapa hal, seperti bunyikan klakson untuk memberi peringatan.

"Kalau mereka dengan sengaja menghalang-halangi, artinya memang siap terhadap risiko tertabrak," kata Sony.

Jadi pengemudi bisa pindah lajur untuk menyusul dan segera menjauh. Kedua, pengemudi bisa juga menjaga jarak, artinya jangan dekat-dekat dengan pengendara tadi. Pastikan dashcam tetap aktif untuk jadi bukti kalau terjadi kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/111200615/cara-menghadapi-pengendara-motor-yang-menyebalkan-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke