Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Ini Ada di Setiap Mobil, tapi Jarang Digunakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil modern saat ini dibekali dengan berbagai macam fitur, baik sederhana maupun sangat canggih sekalipun. Ada satu fitur sederhana yang ada di setiap mobil, tapi ternyata sangat jarang digunakan.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, fitur tersebut berfungsi sebagai sirkulasi udara.

"Fitur ini dipakai untuk menyegarkan kembali udara dari luar di kabin. Bisa digunakan saat udara luar bersih atau segar," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jadi, saat fitur ini diaktifkan, udara luar akan masuk ke kabin. Fitur ini berbeda di setiap mobil, ada yang masih manual menggunakan tuas dan ada yang sudah elektrik menggunakan tombol.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto200 Raden Inten Bandar Lampung, mengatakan, fitur tersebut dinamakan "Fresh Air Mode". Saat berada di daerah pegunungan yang tidak ada polusi, fitur ini bisa digunakan.

Selain itu, menurut Nurrahman, fitur ini bisa juga untuk menghilangkan embun pada kaca mobil.

"Logikanya bisa, karena menyamakan suhu udara luar dan dalam. Namun, butuh waktu dan proses, apalagi kalau perbedaan suhunya ekstrem," kata Nurrahman.

Nurrahman menambahkan, biasanya orang-orang akan lebih memilih untuk membuka kaca jendela mobil dibandingkan mengaktifkan fresh air mode.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/25/182200115/fitur-ini-ada-di-setiap-mobil-tapi-jarang-digunakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke