Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Transjakarta Siapkan Program Jarak Tempuh 35 Menit di 10 Koridor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transjakarta memulai program mempersingkat waktu tempuh di sejumlah koridor. Rencananya, bakal ada 10 koridor yang bisa ditempuh dengan tempo kurang lebih 35 menit secara bertahap.

Seperti diketahui, manajemen PT Transjakarta telah melakukan uji coba waktu tempuh perjalanan di koridor enam, dari Halte Ragunan ke Kuningan Timur, Rabu (17/5/2023).

Hasilnya, dari jarak sejauh 10 Km dengan kecepatan rata-rata 50 Kpj, waktu yang ditempuh sekitar 35 menit.

Saat pengujian, bus bertolak dari Halte Ragunan pukul 07.05 dan tiba di Halte Kuningan Timur pada pukul 07.34 dengan 11 halte singgah.

Welfizon Yuza, Dirut PT Transjakarta, mengatakan, pihaknya melakukan uji coba pada pukul 07.00 karena pada pukul 06.00 hingga 09.00 merupakan waktu sibuk layanan karena jam kantor.

"Armada Transjakarta berperan aktif dan berkontribusi dalam pengendalian kemacetan lalu lintas di Jakarta. Kita janji ketepatan waktu, diuji coba Ragunan ke Kuningan 35 menit pada jam sibuk 06.00-09.00. Kita berikan garansi pada penumpang," ujar Yuza, dalam keterangan tertulis (18/5/2023).

Menurutnya, perjalanan bus Transjakarta di koridornya bisa lebih maksimal karena jalurnya sudah disterilisasi. Sebelumnya, jarak tempuh dari Ragunan ke Kuningan Timur menghabiskan waktu sekitar 45 menit.

Welfizon juga mengatakan, waktu tempuh menggunakan Transjakarta jauh lebih singkat dibanding kendaraan pribadi atau angkutan umum lain, karena jalur Transjakarta bebas dari kemacaten.

Selain Halte Ragunan - Kuningan Timur, kabarnya bakal ada dua halte lain yang juga menghabiskan waktu tempuh 35 menit, yaitu Grogol ke Semanggi dan Pluit ke Kota.

"Ke depan ada tujuh rute lagi secara bertahap yang akan dibuka dengan waktu tempuh 35 menit," ucap Yuza.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph, mengatakan, program jarak tempuh 35 menit nantinya diluncurkan juga di beberapa koridor.

Misalnya, rute Kalideres menuju ke Monas, Rawamangun dan Pulogadung menuju bundaran Hotel Indonesia (HI), kemudian Cililitan atau UKI dan sekitarnya menuju Kuningan, serta Cililitan atau UKI menuju Tanjung Priok, Plumpang.

"Uji coba target waktu tempuh 35 menit dari Ragunan ke Kuningan Timur tercapai. Bahkan lebih cepat dari prediksi awal, karena ternyata waktu tempuh hanya 28,5 atau 29 menit. Kita tiba lebih awal 6,5 menit target awal," kata Daud.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/19/070200715/transjakarta-siapkan-program-jarak-tempuh-35-menit-di-10-koridor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke