Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rem Bus Rawan Blong, Sopir Harus Paham Cara Mengatasinya

Cuplikan video tersebut dibagikan oleh akun Tiktok @sitinjau_lauik_family, hanya saja tidak disebutkan secara detail kapan kejadian tersebut berlangsung.

Dalam cuplikan video tersebut, bus dengan kelir biru muda datang dari arah atas melintasi turunan dalam keadaan rem blong.

Beruntungnya beberapa anggota relawan dari pos kamling jalan raya (PKJR) di Sitinjau Lauik segera menolong bus dengan meletakan ganjalan balok pada ban.

Aksi pertolongan dari beberapa PKJR membuat laju bus PO ANS yang alami rem blong tersebut mulai berhenti.

Cak Ikin, salah satu sopir bus dari PO Efisiensi mengatakan, biasanya pada saat alami kondisi berbahaya seperti itu sopir bus akan memberikan kode sebagai tanda permintaan tolong.

“Biasanya sopir bus akan memberitahu ke kernet, kondektur atau orang yang ada di sekitar jalan yang dilintasi untuk membantu,” kata Ikin kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Oleh karena itu, berdasarkan cuplikan video kepekaan dari sejumlah anggota PKJR di Sitinjau Lauik menangkap situasi bus sedang alami rem blong sangatlah menolong bus.

Kemudian, lintasan yang ekstrim seperti itu rawan pula bagi kendaraan alami situasi serupa. Maka dari itu, sejumlah persiapan dari PKJR telah disiapkan untuk menolong kendaraan yang alami rem blong atau gagal menanjak.

“Ganjalan yang mereka punya sudah disiapkan itu memang untuk kendaraan-kendaraan besar yang gagal nanjak atau ngerem. Sifatnya sementara, hanya untuk memberhentikan laju bus tersebut,” kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Sony juga menyarankan, bila bus alami situasi serupa, sebaiknya segera lakukan rol kecepatan yang rendah. Kemudian sesekali pancing rem, meski efeknya kecil namun dengan kecepatan rendah akan bermanfaat.

Lalu pindahkan gear pada gigi paling rendah yaitu pada gigi 1 sambil bunyikan klakson panjang bagi bus yang tidak menggunakan power dari angin.

Cara tersebut sebagai tanda bus sedang berada di situasi darurat. Serta usahakan menepi sambil meminta pertolongan orang sekitar untuk mengganjal ban di roda penggerak.

“Sudah saatnya kendaraan besar dilengkapi dengan emergency brake yang cara kerjanya tidak satu sistem dengan rem dengan tujuan mengantisipasi gagal rem,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/03/170100915/rem-bus-rawan-blong-sopir-harus-paham-cara-mengatasinya

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke