Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Fatal kalau Tidak Jaga Jarak dengan Truk Saat Tanjakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain. Bukan hanya pada saat sedang melaju, tapi ketika berada di tanjakan.

Apalagi, jika kendaraan yang berada di depan adalah truk bermuatan. Sebab, dengan tidak menjaga jarak bisa berakibat fatal.

Contohnya, seperti pada video yang diunggah oleh akun Instagram @lintas.patroli. Terlihat pengendara motor yang tidak menjaga jarak ketika truk bermuatan di depannya sedang menanjak.

"Ingat, di tanjakan itu sering truk atau bus mengalami gagal nanjak akibat kendaraannya kurang terawat dan atau pengemudinya tidak terampil," ujar Sony, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sony menambahkan, jika kendaraan kurang terawat, biasanya akibat muatan yang sering berlebihan dan tidak dilakukan service rutin. Sehingga, terjadi miss gear atau rem tidak berfungsi.

"Nah, di tanjakan hal tersebut menjadi masalah karena kondisi alas tidak rata dan laju kendaraan tidak terkontrol ke tempat yang terendah, dan berhenti jika bertemu benda yang mengganjal. Jika yang di belakang adalah pemotor, maka siap-siap tidak hanya tertabrak tapi terlindas," kata Sony.

Menjaga jarak juga perlu dilakukan oleh pengendara roda empat atau mobil. Contoh kejadiannya sudah diunggah oleh akun Instagram @sitinjaulauikterkini. Pada video tersebut, terlihat truk gagal menanjak dan menghantam SUV di belakangnya hingga terbalik.

"Tunggu di jalan yang bawah dan amati atau lihat pergerakan truknya, sampai atau tidak ke table top atas. Siap-siap menghindar apabila truk meluncur ke bawah. Jangan terlalu percaya dengan petugas lapangan," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/01/134100715/bisa-fatal-kalau-tidak-jaga-jarak-dengan-truk-saat-tanjakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke