Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Honda Vario Techno Bergaya Ruckus Lowrider

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Vario Techno jadi bahan modifikasi yang menarik saat berada di tangan Mr. Kuztom Garage di Caringin, Kabupaten Bogor. Motor lansiran 2008 tersebut diubah total tampilannya jadi bergaya Honda Ruckus.

Secara tampilan, sudah tidak ada aura Vario Techno di motor ini. Bagian rangka sudah dirombak semua dari bagian dek bawah ke belakang, agar modifikasi semakin leluasa.

Momo, Modifikator dari Mr. Kuztom Garage bercerita, motor miliknya ini mengusung konsep Ruckus Bobber, jadi ada gaya lowrider kalau melihat dari keseluruhan motor, ban besar dan dibuat ceper.

"Kita namain motor ini si Bigbob," ucap Momo kepada Kompas.com, Kamis (27/4/2023).

Motor berkelir kuning ini tampil dengan unik. Pada bagian depan, siapa sangka kalau suspensi yang digunakan diambil dari motor trail tapi malah dipasang ke skutik.

"Untuk shock depan, kita pakai USD punya KLX, kita potong pernya jadi lebih pendek. Lampu depan double, dipasang juga rak yang kita bikin. Setang modelnya jepit dengan memakai tuas dari Nissin," ucap Momo.

Keunikan dari motor garapan Momo ini ada pada bagian pelek, di mana diambil dari mobil. Pelek yang digunakan berukuran 13 inci, lebar 8 inci untuk yang belakang dan 3 inci buat yang depan.

"Kenapa pakai ring 13, karena sekarang bannya agak gampang (dicari) semenjak adanya Yamaha NMax di Indonesia. Sudah banyak (ban) ring 13 yang gede-gede, dulu pakai 14 (inci)," kata Momo.

Bukan itu saja, pelek yang memakai penutup atau dop bergaya Mooneyes ini ternyata buatan sendiri, pakai perabotan yang ada di dapur. Untuk roda belakang sisi kanan, memakai wajan sebagai dopnya.

"Itu pelek belakang kita pakai wajan buat penggorengan, kita potong, kita ambil yang cekungannya, kita pasang di pelek belakang," kata Momo.

Sedangkan untuk yang sisi kiri belakang, dan pelek depan, penutupnya menggunakan nampan aluminium yang sudah dipotong. Jadi bisa dibilang menghemat bujet modifikasi tapi konsepnya tetap kuat.

"Kita potong (nampan), kita ambil yang bagian ratanya saja, jadi kaya aluminium. Kejar hemat daripada pakai dop Moon, kita pakai yang ada aja, kita manfaatin," ucapnya.

Kemudian, agar semakin khas gaya Honda Ruckus, bagian bawah jok dibuat bolong. Pada bagian bawah tadi cuma ada tangki yang dibuat bulat bak kapsul, dikelir kuning juga agar sewarna dengan bodi.

Pada bagian mesin, sudah dimodifikasi, bore-up sampai bagain CVT juga ikut diubah. Lalu knalpot memakai model custom dengan tampilan seperti Remus.

Momo menjelaskan, yang dipakai dari motor lama cuma dek bawah, kaliper rem, sampai rangka utama di bagian leher sampai dek bawah. Total biaya modifikasi sebesar Rp 28 juta berikut motornya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/28/152100815/modifikasi-honda-vario-techno-bergaya-ruckus-lowrider

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke