Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Etape 3, Konsumsi BBM Xpander Cross, Pajero Sport dan Triton

JAKARTA, KOMPAS.com - Merapah Trans-Jawa 2023 hadir dengan jalur yang berbeda, yaitu menyusuri jalur alternatif tengah dan selatan Jawa. Jalur ini dipilih karena kurang populer untuk jalur mudik lebaran.

Bersama Mitsubishi, tim Kompas.com menempuh perjalanan mulai dari Jakarta, Palabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Pacitan, Malang, Semarang, Cirebon, dan akan mengakhiri perjalanan di Karawang, Jawa Barat.

Kompas.com memakai tiga mobil andalan sport utility vehicle (SUV) Mitsubishi, mulai Xpander Cross, Pajero Sport dan Triton.

Awak redaksi Kompas.com akan mencatat konsumsi bahan bakar yang dipakai ketiga tersebut. Cara penghitungan dibagi setiap kali isi bahan bakar atau per etape, Xpander Cross menggunakan bensin, sedangkan Pajero Sport dan Triton pakai solar.

Etape pertama menempuh Jakarta-Pelabuhan Ratu, Etape kedua yaitu Palabuhan Ratu-Pangandaran, dan Etape ketiga Pangandaran-Cilacap.

Total perjalanan menempuh jarak kurang lebih 100 Km. Mayoritas jalur yang dilewati tidak terlalu berkelok-kelok seperti di Palabuhan Ratu dan Pangandaran, meski di beberapa titik tetap ada jalur berkelok dan menanjak saat mau masuk Cilacap.

Dalam perjalanan Merapah Trans-Jawa 2023 Pantai Selatan ini, tiap mobil diisi empat orang dewasa, yang terdiri gabungan antara laki-laki dan perempuan. Setiap mobil diisi barang bawaan pribadi.

Cara penghitungan konsumsi BBM menggunakan AVG yang berada di cluster instrumen sebab dari Pangandaran-Cilacap tidak mengisi bensin. Khusus buat Pajero Sport dan Triton memakai mode transmisi 4x2.

Hasilnya berdasarkan penghitungan AVG, rata-rata konsumsi bahan bakar Xpander Cross ialah 13,6 km per liter, kemudian untuk Pajero Sport sebesar 6,3 km per liter dan Triton sebesar 6,6 km per liter.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/15/150200715/etape-3-konsumsi-bbm-xpander-cross-pajero-sport-dan-triton-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke