Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fitur Dynamic Radar Cruise Control di Mobil Toyota, Berguna Saat Mudik

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota sudah membekali mobil-mobil lansiran terbarunya dengan fitur Dynamic Radar Cruise Control atau DRCC. Fitur ini bisa membantu mengurangi beban berkendara pengemudi yang mudik lebaran.

Sejatinya, DRCC bisa dianggap sebagai pengembangan dari fitur Cruise Control (CC) konvensional. Disebut pengembangan karena ada beberapa teknologi baru yang disematkan oleh Toyota.

“DRCC dan CC itu prinsipnya sama, cuma ada beberapa pengembangan di DRCC karena sudah dilengkapi radar,” kata Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani kepada Kompas.com, Kamis (13/4/2023).

Satu perbedaan yang nampak di antara keduanya adalah CC konvensional hanya bisa aktif pada kecepatan minimal 40 kpj, sedangkan DRCC bisa langsung aktif bahkan sejak mobil diam, alias 0 kpj.

Prinsip kerja dari DRCC adalah membuat mobil mengikuti dan menyesuaikan kecepatan dengan mobil yang ada di depan. Memanfaatkan komponen sensor radar, mobil akan secara otomatis meninggikan atau menurunkan kecepatan.

“Ini bisa bermanfaat buat pengemudi yang melakukan perjalanan jauh, misalnya mudik lebaran. jadi pengguna tidak perlu terus menerus menginjak pedal gas atau rem, mobil bisa otomatis menyesuaikan,” kata Juni.

Tombol aktivasi DRCC bisa ditemukan di kemudi bagian kanan atas. Saat tombol ditekan, pengemudi akan memiliki opsi untuk memilih menggunakan DRCC atau CC biasa.

“Nantinya pengguna juga bisa memilih 3 opsi jarak minimal antara mobil, bisa jarak pendek, sedang, atau panjang. Jaraknya itu mulai dari 15 meter hingga 70 meter,” kata dia.

Supaya fungsi dan kinerjanya maksimal, Juni menyarankan pengemudi supaya menggunakan DRCC hanya di jalan tol, bukan jalan umum biasa. Meurut dia, ritme kecepatan kendaraan yang ada di jalan tol cukup konstan dan stabil.

“DRCC kan sepenuhnya mengandalkan radar, jadi supaya performanya baik, posisi depan tidak boleh terganggu. Kalau di jalanan biasa, seringkali ada motor yang menyelinap masuk di antara dua mobil. Akibatnya DRCC jadi tidak bisa aktif,” ucap dia.

Fitur DRCC sudah tersedia di mobil-mobil Toyota yang sudah memiliki teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Beberapa contohnya adalah Voxy, Camry, Alphard, dan Innova Zenix Hybrid.

“DRCC sudah ada di hampir semua mobil lansiran 2022 ke atas. Mobil-mobil itu sudah mengusung TSS 3.0,” kata Juni.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/13/171200015/mengenal-fitur-dynamic-radar-cruise-control-di-mobil-toyota-berguna-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke