Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Spesifikasi Yadea G6 dengan Alva One, Siapa yang Lebih Unggul?

JAKARTA, KOMPAS.com - Yadea G6 hadir di Indonesia pada IIMS 2023, menawarkan motor listrik dengan desain yang kalem dan elegan. Soal harga, Yadea G6 dibanderol Rp 29,35 juta.

Memasuki segmen motor listrik, salah satu pendatang baru yang juga tidak kalah menarik adalah Alva dengan model One. Bedanya dengan Yadea G6, Alva One menawarkan desain motor yang familiar, layaknya skutik bongsor.

Untuk harga, Alva One dijual lebih mahal, yakni Rp 36,49 juta. Pada bahasan kali ini, redaksi Kompas Otomotif mau membandingkan Yadea G6 dengan Alva One dari spesifikasinya.

Yadea G6 menggunakan baterai Graphene 72V 38Ah yang diklaim bisa berjalan sejauh 100 Km. Baterai ini menyalurkan listrik ke dinamo 2kW dan punya kecepatan puncak sekitar 70 Kpj.

Untuk lama pengisian baterai, tertera di spesifikasi Yadea G6 di laman resmi Yadea yakni enam jam. Soal dimensi, Yadea G6 masih terbilang ringkas, panjangnya 1.790mm, lebar 735mm, dan tinggi 1.220 mm.

Pada sektor kaki-kaki, sudah menggunakan ban dengan ukuran 90/90 R12 di depan dan 100/80 R12 di roda belakang. Sektor pengereman juga sudah memakai cakram baik di depan atau belakang.

Untuk kenyamanan, layar instrumen sudah full digital, jadi mudah memonitor kondisi motor. Begitu juga tersedia mode berkendara bahkan fitur reverse atau mundur, memudahkan saat parkir.

Kalau bahas soal Alva One, bisa dibilang punya performa yang sedikit lebih unggul. Baterainya sudah lithium dengan kapasitas 60V 45Ah yang diklaim bisa melaju sejauh 70 Km dari kondisi penuh.

Untuk mengisi daya Alva One, membutuhkan waktu sekitar 4 jam, lebih singkat dari Yadea G6. Baterai tadi disambung ke motor listrik bertenaga 4,8 kW dan torsi 46,5 Nm. Motor bergaya skutik bongsor ini punya kecepatan puncak 90 Kpj, lebih cepat dari Yadea.

Soal dimensi, Alva One punya panjang 1.960mm, lebar 755mm, dan tinggi 1.200mm. Pada bagian kaki-kaki, menggunakan ban ukuran 90/90 R14 di depan dan 110/80 R14 di belakang ditambah sistem rem cakram ganda dengan sistem Combi Brake.

Alva membekali One dengan aplikasi khusus. Informasi yang bisa diakses seperti remote on/off, Bike Sharing Access, GPS Locator & Tracker, Battery Monitoring, lokasi charging station, Alva Experience Center Locator, Alva Roadside Assistance, hingga Monthly Saving Estimator.

Jadi kalau dibandingkan spesifikasinya seperti di atas, mau pilih Yadea G6 atau Alva One pembaca Kompas Otomotif?

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/03/152100915/adu-spesifikasi-yadea-g6-dengan-alva-one-siapa-yang-lebih-unggul-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke