Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaget Damkar Lewat, Cewek Ini Lari Tinggalkan Motor di Lampu Merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral video di media sosial yang memperlihatkan seorang perempuan berlari meninggalkan sepeda motornya di jalan, lantaran kaget dengan suara sirene mobil pemadam kebakaran.

Rekaman tersebut diunggah oleh salah satu akun Instagram bernama @zonasalatiga. Dalam video itu, tampak mobil pemadam kebakaran yang melaju dan melewati traffic light di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Salah satu petugas pemadam kebakaran setengah berteriak sambil membunyikan klakson meminta pengguna jalan di sekitar untuk membuka jalan.

“Motor maju, motor maju. Buka jalur! Buka jalur,” kata petugas dalam video tersebut.

Sejumlah pengendara sepeda motor yang berada di depannya mulai bergeser, namun satu unit motor yang dinaiki oleh seorang perempuan tiba-tiba terjatuh. Perempuan tersebut terlihat panik hingga berlari meninggalkan sepeda motornya di tengah jalan.

“Jangan panik Mba, jangan panik,” ucap petugas pemadam kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Inspeksi Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Salatiga Betty Wahyu Nilla Sari membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, ada seorang pengendara motor yang meninggalkan motor di tengah jalan, karena panik saat mobil pemadam kebakaran melintas.

“Mungkin karena panik atau grogi, pengendara tersebut jatuh dan berlari meninggalkan sepeda motornya. Semoga tidak mengalami luka,” ucap Betty, dikutip dari Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

“Edukasi selama ini ada yang tidak tersampaikan, banyak orang panik berujung kesal dan konflik ketika bertemu kendaraan sirene. Step by step langkahnya akhirnya berbuah jelek,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/3 2023).

Menurut Sony, pengguna jalan jangan harus selalu waspada ketika berkendara. Hal ini bertujuan agar pengemudi bisa segera menghindar jika ada kejadian seperti dalam video tersebut.

“Jangan biasakan selalu nyaman berkendara, jaga selalu kewaspadaan dan siap untuk menghindar. Karena seharusnya kondisi-kondisi yang tidak diharapkan muncul, pengendara sudah tahu langkahnya,” kata Sony.

Terkait video tersebut, Sony mengatakan, banyak metode yang dilakukan oleh pengemudi kendaraan sirene tidak sesuai aturan.

“Cepat bukan berarti ngebut, buka jalan bukan dengan cara arogan, semua harus dengan etika yang tidak membuat orang lain panik. Ada beberapa kali kejadian, cara yang dilakukan pengemudi kendaraan sirene menyetir agresif, zigzag, teriak-teriak, klakson, sampai serempet kanan kiri dan lain-lain. Nah, ini orang lain kaget,” ujar Sony.

“Seperti video tersebut, petugas pemadam kebakaran itu bilang ‘awas jangan panik’, tapi dia bikin panik. Cukup menyalakan sirene tidak perlu lagi klakson,” lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/26/134100715/kaget-damkar-lewat-cewek-ini-lari-tinggalkan-motor-di-lampu-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke