Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda Rp 1,5 Juta, Pilih Toyota Agya GR Sport atau Wuling Alvez CE

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia akhirnya resmi mengumumkan banderol Agya GR Sport yang tak lagi masuk dalam segmen mobil murah ramah lingkungan, alias low cost green car (LCGC).

Mobil yang bergeser kecity car itu tak hanya menjajakan tampilan sporty, tapi juga fitur lebih lengkap. Tak heran harganya pun naik, yakni Rp 237,5 juta untuk manual, dan Rp 253,5 juta untuk versi CVT.

Karena harga tersebut, banyak orang menilai Toyota Agya GR Sport terlalu mahal, bahkan sampai dibandingkan dengan varian tengah dari SUV ringkas Wuling, yakni Alvez CE, yang dijual Rp 255 juta, selisih Rp 1,5 juta.

Meski bukan satu kelas, tapi dengan selisih harga yang tipis tentu bikin konsumen mempertimbangkan mana yang terbaik, dari segi fitur, kenyamanan, performa, dan lain sebagainya.

Sebagai referensi, berikut komparasi singkat keduanya yang dimulai dari sisi interior serta fitur lebih dulu.

Interior

Sebagai SUV ringkas, jelas Wuling Alvez memiliki dimensi yang lebih dibanding Agya GR Sport. Tak heran dari segi kelapangan kabin akan lebih unggul.

Untuk kenyamanan interior, Alvez CE dibekali head unit 10,25 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone, sensor parking lengkap dengan kamera belakang. Kemudi dibalut lapisan sintetis dan sudah disedikan tombol pengaturan audio. 

Material dasbor diberikan sentuhan soft touch, dan sarana informasi bisa disimak melalui layar MID TFT 3,5 inci. Namun sebagai varian tengah, Alvez CE masih menggunakan rem tangan manual serta tanpa sunroof.


Untuk Agya GR Sport sendiri sebenarnya tak kalah menggoda, bagian kemudi juga terbungkus sintetis lengkap dengan detail jahitan merah yang mengesankan aura sporty.

Bagian kiri-kanan lingkar kemudi terdapat pengaturan audio dan pilihan mode berkendara, sayang untuk material dasbir terkesan minimalis.

Sistem pengaturan AC sudah digital, termasuk speedometer yang basisnya serupa dengan Raize. Urusan hiburan, Toyota memanjakan penumpang dan pengendara melalui head unit layar sentuh 8 inci dengan konsep floating.

Menariknya, untuk memberikan sisi fun to drive, Toyota juga sudah melengkapi Agya GR Sport CVT dengan paddle shift.

Fitur

Seperti diungkap sebelumnya, salah satu fitur menarik yang diberikan Toyota pada Agya GR Sport adalah pilihan mode berkendara bertanda PWR dan paddle shift untuk mengendalikan perpindahan gigi transmisi CVT.

Meski memiliki material dasbor yang minimalis, tapi unsur kemewahan tetap disajikan. Mulai fitur start-stop button, pengisian daya nirkabel, kemudi tilt steering, speedometer with MID 7 inci TFT, dan jok ala semi bucket yang dilapis material suede.

Dari segi keselamatan dan penunjang berkendara, Agya GR Sport juga sudah dibekali SRS airbag, vehicle stability control, seat belt warning, hill start assist, speed sensor lock, serta pengereman ABS lengkap dengan EBD dan system brake assist.

Belum lagi Toyota ikut menyematkan teknologi T-intouch yang di dalamnya terdiri beberapa fitur seperti, find my car, safe driving rewards, geofencing, trip range updete, dan road assistance.

Untuk Wuling Alvez CE, meski menjadi varian tengah tapi fitur keselamatan yang disajikan tak kalah lengkap, dari ABS dan EBD, emergency stop signal, dual SRS airbags, rear parking sensor, seat belt reminder, dan ISOFIX.

Sayang, berdasarkan data spesifikasi sebagai SUV ringkas ternyata Wuling belum melengkapi Alvez CE dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA). Termasuk keyless entry serta engine start/stop button dan teknologi ADAS.

Kesimpulannya, masing-masing ada plus dan minus, tapi untuk kelengkapan fitur Agya GR Sport CVT memang punya modal lebih kuat meski ruang kabin tak selapang Alvez .

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/25/082200315/beda-rp-1-5-juta-pilih-toyota-agya-gr-sport-atau-wuling-alvez-ce

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke