Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Desain Daihatsu All New Ayla, Lebih Sporty dan Naik Kelas

JAKARTA, KOMPAS.com – Daihatsu Ayla model baru resmi dipasarkan pada ajang Jakarta Auto Week (JAW) pada pekan lalu. LCGC Daihatsu ini tampak lebih sporty dan naik kelas dibandingkan generasi sebelumnya.

Ayla terbaru dijual dari rentang harga Rp 134 juta (tipe 1.0 M) sampai Rp 189,9 juta (tipe 1.2 R CVT ADS. Bisa dibilang mobil ini cukup terjangkau, tapi dengan desain yang menggoda.

Di atas kertas, Ayla terbaru mengusung dimensi (PxLxt) 4.110 x 1.655 x 1.600 mm. Berbeda dari sebelumnya yang memiliki ukuran 3.760 mm x 1.665 mm x 1.515 mm.

Adapun Wheelbase kini lebih panjang 75 mm, menjadi 2.525 mm, yang berdampak pada lebih luasnya interior.

Bisa dibilang ukuran Ayla saat ini telah mendekati dimesin mobil segmen hatchback tahun 2010 ke bawah, sebut saja Honda Jazz dan Suzuki Swift generasi awal.

Ayla generasi baru memang mengalami ubahan yang menyeluruh. Desainnya terbilang berbeda dari Agya terbaru yang mengusung bahasa desain Toyota keluaran baru.

Ayla memiliki tampilan yang mirip dengan Perodua Axia. Hatchback asal Malaysia yang sama-sama pakai basis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Bedanya Daihatsu memberikan beberapa sentuhan sporty dan berkelas pada wajah Ayla dengan warna hitam piano.

Dari depan, mobil ini mengusung desain lampu berbeda. Pada varian 1.200 cc, sudah pakai LED dan DRL. Sementara varian 1.000 cc, masih bohlam.

Beranjak ke samping, garis bodi Ayla terbaru sangat berbeda dengan model lama. Dari samping tampilannya begitu dinamis.

Unsur sporty tak lepas dari penggunaan pelek motif jari-jari ukuran 14 inci warna hitam, yang dibalut ban GT Radial Champiro Eco berprofil 175/65.

Sementara dari sisi belakang, Ayla terbaru juga makin proporsional berkat lampu rem model kecil, dengan mata kucing yang menyambung ke tengah sebagai pemanis.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/20/151640915/bahas-desain-daihatsu-all-new-ayla-lebih-sporty-dan-naik-kelas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke