Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Salah, Ini Beda Tugas Kernet dan Kondektur di Bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com- Layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) hingga saat ini masih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bagi pengguna bus AKAP atau bus malam akan menempuh perjalanan yang panjang dengan berbagai rute.

Biasanya dalam pelayanan bus AKAP, kru yang bertugas adalah kernet dan dua orang sopir. Namun ada juga yang mengatakan jika kernet adalah kondektur, padahal ini adalah dua profesi yang berbeda.

“Kondektur itu tugasnya tarik karcis atau tiket bus dari penumpang. Untuk kondektur tidak ada di bus AKAP. Kalau di bus AKAP, kru bus yang ikut itu serta dalam perjalan yaitu sopir bus dua dan kernet atau asisten sopir satu,” kata Suwignyo salah satu kernet Kernet PO Pahala Kencana kepada Kompas.com, Rabu (15/3/2023). 

Kernet untuk bus rute Jakarta – Surabaya itu mengatakan, meski terkadang ada kernet merangkap seperti kondektur, namun itu hanya sementara saja.

Apalagi, saat ini penumpang yang ingin menggunakan bus AKAP tinggal membeli tiket di loket bukan di dalam bus. Sehingga, kondektur tidak perlu ikut untuk naik perjalanan.

Kernet itu harus ikut sepanjang perjalanan bus AKAP karena membantu sopir bus selama perjalanan jarak jauh. Kalau ada kerusakan bus seperti ban bocor, itu juga tugasnya kernet yang mengganti.

“Kondektur itu biasanya adanya di bus bumel bukan bus malam. Bus bumel itu bus yang melayani rute seperti Jakarta- Bogor atau Jakarta- Bandung. Jenis bus seperti itu ada kondektur yang menarik tiket penumpang,” kata Suwignyo.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/17/164100315/jangan-salah-ini-beda-tugas-kernet-dan-kondektur-di-bus-akap

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke