Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keamanan, Alasan Mazda Tak Bawa MX-5 Model Soft Top

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen pemegang merek sekaligus distributor Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) membawa menghadirkan Mazda MX-5 transmisi manual di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Mobil ini dibanderol Rp 10 juta lebih murah dari transmisi otomatisnya yakni Rp 839,9 juta.

Sebagai informasi, roadster ikonik Mazda ini ditawarkan dengan dua model atap yakni Retractable Fastback (RF) dan soft top. Namun, khusus di pasar domestik Indonesia, kali ini EMI hanya membawa varian RF saja.

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio mengatakan, alasan tersebut lantaran kebijakan dan pertimbangan prinsipal di Jepang.

“Ada berbagai macam sebab, saya rasa ini tidak benar, tapi masalah keamanan jadi concern. Seperti takut disilet lah, dan lain-lain. Jadi paling enggak sampai generasi keempat ini kita dapat yang RF,” ucap Ricky Thio, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (17/3/2023).

Tak berbeda dengan varian matik, Mazda MX-5 manual dibekali mesin Skyactiv-G 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 182 hp dengan torsi 250 Nm pada 4.000 rpm. Hanya saja, tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan.

Adapun untuk atap RF ini dapat dilipat secara elektrik, bahkan ketika sedang berkendara dengan kecepatan dibawah 10 km per jam.

Menyoal fitur keselamatan, Mazda MX-5 juga sudah dibekali fitur keselamatan i-Activsense seperti Adaptive LED Headlamp (ALH), Lane Departure Warning System (LDWS), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/17/134100515/keamanan-alasan-mazda-tak-bawa-mx-5-model-soft-top

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke