Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Generasi Baru Daihatsu Ayla 1.000 cc Transmisi Manual

JAKARTA, KOMPAS.com – Bertempat di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Daihatsu menyediakan dua unit test drive generasi baru Daihatsu Ayla. Menariknya, salah satu unit merupakan varian 1.000 cc bertransmisi manual.

Setelah menjajal varian teratas Ayla terbaru, redaksi Kompas.com langsung mengambil kesempatan untuk merasakan impresi berkendara varian yang lebih murah.

Secara dimensi, tentu Ayla 1.0 X MT ADS punya dimensi yang sama dengan varian teratas 1.2 R CVT ADS. Artinya dari sisi pengendalian, kedua mobil tidak begitu jauh berbeda.

Bantingan suspensi juga cenderung sama, di mana generasi baru Ayla terasa lebih rigid dari sebelumnya. Tapi dibayar dengan pengendalian yang lebih lincah.

Namun karena mobil ini mengusung mesin dengan kapasitas lebih kecil dan bertransmisi manual, rasa berkendaranya jelas berbeda.

Perbedaan pertama datang dari getaran mesin yang tampaknya lebih terasa ketimbang varian di atasnya.

Ayla 1.0 X MT ADS mengusung mesin 1KR-VE, DOHC, VVT-i berkapasitas 998 cc 3-silinder  naturally aspirated dengan tenaga 67 PS atau setara 64 Tk dan torsi 89 Nm.

Di atas kertas, teknologi mesin ini jelas lebih unggul. Terlebih bila dibandingkan dengan mesin 1KR-VE lama yang belum VVT-i dengan tenaga 64,1 Tk dan torsi 86 Nm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Pada transmisi manualnya, tuas transmisi cukup pendek dan nyaman digenggam.

Sementara pedal kopling terasa enteng. Adapun proses perpindahan gigi tidak begitu ringan, tapi terasa cukup presisi.

Dengan transmisi manual mobil juga terasa lebih responsif ketika berakselerasi. Buat pemakaian dalam kota, terlebih di area test drive yang terbatas, tenaga Ayla 1.0 X MT ADS sudah lebih dari cukup

Soal pemilihan material, Ayla 1.000 cc ini juga mirip dengan versi 1.200 cc yang interiornya didominasi plastik keras.

Beberapa fitur seperti head unit, memang mengusung model yang lebih sederhana. Tapi secara fungsi masih cukup baik digunakan. Termasuk pengaturan AC yang pakai kenop putar, bukan tombol sentuh seperti pada Rocky.

Dengan tampilan eksterior yang tidak berbeda jauh dengan varian di atasnya, Ayla 1.0 X MT ADS jadi pilihan menarik buat yang tidak mementingkan mesin 1.200 cc dan fitur lengkap.

Mobil ini pastinya cocok dipakai buat kegiatan sehari-hari karena modelnya yang ringkas dan potensi mesin yang bisa mengolah bahan bakar lebih efisien.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/15/174100715/jajal-generasi-baru-daihatsu-ayla-1.000-cc-transmisi-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke