Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lexus Indonesia Mulai Fokus Jual Mobil Hybrid dan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma menargetkan sedikitnya 50 persen dari total produk Lexus yang terjual di pasar dalam negeri pada tahun ini, merupakan kendaraan elektrifikasi.

Hal tersebut, seiring dengan semakin banyaknya jajaran mobil listrik yang dipasarkan oleh perseroan. Seperti, RX 350h Luxury yang berteknologi hybrid, RX 450h+ Luxury untuk teknologi Plug-in Hybrid (PHEV), serta yang paling baru RZ BEV.

"RZ BEV akan menjadi mobil listrik murni kedua dari Lexus Indonesia setelah UX 300e yang sudah sempat dijadikan kendaraan deligasi acara KTT G20 lalu," kata Bansar di Jakarta, Senin (13/5/2023).

Target itu juga, jelas Bansar, merupakan respons atas pencapaian Lexus di tahun lalu yang mampu meningkatkan porsi penjualan kendaraan elektrifikasi sampai 30 persen, dari sebelumnya hanya di kisaran 3 persen saja.

Artinya, apabila melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dari total 1.000 unit wholesales yang dibukukan Lexus Indonesia pada 2022, 300 di antaranya ialah mobil listrik.

"Sebagai perbandingan, pada tahun 2020-2021 itu penjualan kendaraan elektrik kami hanya 3 persen dari total penjualan nasional. Tetapi di tahun lalu sudah sebesar 30 persen. Jadi kami lihat, konsumen Lexus sudah memiliki demand untuk kendaraan elektrifikasi," kata Bansar.

"Tahun lalu memang kita terbantu dengan permintaan UX300e untuk KTT G20. Tetapi dengan target kita di 2035 hanya menjual kendaraan elektrifikasi dan pasarnya sudah mulai ke arah sana, tahun ini kita harap (elektrifikasi) bisa 50 persen," ujar dia.

Hanya saja memang diakui, target dimaksud bisa saja meleset karena pergerakan pasar dan terbatasnya distribusi. Apalagi pihak prinsipal mulai melakukan pembatasan pemesanan Lexus di Jepang karena terdampak krisis cip semikonduktor.

Diketahui, Lexus Indonesia kini memiliki 7 model kendaraan elektrifikasi yang seluruhnya diimpor dari Jepang langsung, yaitu UX 300e, UX 250h Luxury, UX 250h F Sport, RX 450h+ Luxury, RX 350h Luxury, NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport.

"Kita berencana untuk menjual RZ BEV di Indonesia. Tetapi saat ini belum bisa saya informasikan harganya karena masih persiapan di sisi sales dan aftersales," ucap Bansar.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/190100815/lexus-indonesia-mulai-fokus-jual-mobil-hybrid-dan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke