Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Turis Asing Menyewa Motor di Bali, Benarkah Semudah itu?

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena turis asing yang bertindak semena-mena dengan motor sewaan di Bali belakangan ini sering terdengar. Banyak yang menganggap fenomena itu terjadi karena mudahnya para warga negara asing (WNA) menyewa motor untuk transportasi.

Beberapa kali viral di media sosial, video yang memperlihatkan WNA ugal-ugalan menggunakan motor sewaan. Bahkan, kerap terjadi juga WNA yang belum mahir mengendarai motor.

Selain itu, pemandangan WNA mengendarai motor tanpa menggunakan helm bahkan bertelanjang dada juga bukan sesuatu yang langka atau jarang terlihat.

Padahal, menurut beberapa rental motor di Bali, untuk menyewa motor ada sederet persyaratan yang harus dipenuhi. Selain persyaratan yang bersifat administratif, ada juga ketentuan lainnya.

Putu Eriex, dari rental motor VRM Trans, mengatakan, pihaknya selalu mewajibkan para turis asing untuk memiliki surat izin mengemudi yang resmi dari negaranya masing-masing, sebelum menyewa motor.

"Biasanya, juga selalu kami suruh coba berkendara. Sebagian besar rental motor pasti menerapkan aturan yang sama, karena mereka juga mesti melindungi unitnya. Tapi, mungkin ada beberapa yang asal kasih saja, yang penting motor tersewa," ujar Eriex, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dewa Semara, dari Dewa Motor Bali Rental, mengatakan, pihaknya memberikan beberapa syarat bagi para turis asing, seperti menunjukkan paspor, SIM internasional, hingga tes berkendara sebelum kendaraan diserahkan.

"Semua untuk mengurangi risiko terjadi hal yang tidak diinginkan. Setiap tamu diwajibkan meninggalkan safety deposit Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, tergantung dari jenis unit yang mereka sewa," kata Dewa.

Kadek Handi Juniarta, dari Hap Rental Bali, mengatakan, pihaknya mengecek identitas turis asing yang ingin menyewa motor darinya, mulai paspor, visa, termasuk media sosial dari penyewa.

"Sebenarnya, itu untuk meminimalisasi pencurian saja. Selain itu, kita juga kasih tahu tentang aturan lalu lintas di sini, seperti pakai helm meskipun jaraknya dekat. Sebab, jika sampai si penyewa kena tilang, kita tidak mau tanggung jawab, karena salahnya dia," ujarnya.

Jadi, sebenarnya menyewa motor di Bali bagi para turis asing cukup panjang administrasi yang harus dipenuhi. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada pihak lain yang menyewakan motor begitu saja, yang penting motor bisa tersewa.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/070200615/banyak-turis-asing-menyewa-motor-di-bali-benarkah-semudah-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke