Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya, Rombongan Anak Kecil Hadang Bus demi Suara Klakson

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena bunyi telolet dari klakson bus menjadi hal yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bahkan, tren dari masyarakat yang sengaja meminta sopir bus untuk membunyikan klakson masih sering terjadi di sejumlah wilayah, salah satu di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat.

Cuplikan video yang baru-baru ini viral karena ada segerombolan anak kecil di Terminal Jatijajar yang antusias menantikan bus untuk membunyikan suara klakson.

Sontak sopir bus dari perusahaan otobus (PO) Murni Jaya tersebut membunyikan klakson berkali-kali sambil melewati gerombolan anak kecil tersebut. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @ infodepok_id.

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jika ini merupakan fenomena yang unik untuk hiburan, namun juga berbahaya.

“Tapi ingat, jalan raya bukan tempatnya bermain, khususnya anak- anak yang pengetahuannya masih rendah. Peristiwa seperti pada video itu sangat tidak mendidik, semakin sering telolet dibunyikan semakin banyak anak-anak yang akan ngumpul nantinya,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (9/3/2023).

Pertama, sopir bus jangan membunyikan klakson teloletnya untuk keamanan anak-anak.

“Karena, dalam hal ini pengemudi juga bertanggung jawab untuk tidak menjadi penyebab kecelakaan terhadap anak-anak,” kata Sony.

Kemudian, yang kedua adalah pastikan bus berjalan pelan untuk memaksimalkan bidang pandang dan menyakinkan tidak ada anak-anak diradius bahaya bus.

“ Yang ketiga, kecelakaan tidak pernah bisa dihindari, jadi jauhkan bahaya dari anak-anak yang ada di jalan raya,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/09/150100215/bahaya-rombongan-anak-kecil-hadang-bus-demi-suara-klakson

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke