Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha R15 Terbakar di Pinggir Tol Kembangan, Kenali Penyebabnya

Rekaman itu diunggah oleh akun Instagram @jktinfo pads Selasa (7/3/2023). Dalam rekaman itu terlihat api besar dan kepulan asap hitam yang berasal dari satu unit sepeda motor yang terbakar di pinggir jalan tol.

Diketahui, sepeda motor yang terbakar adalah Yamaha R15 dengan nomor polisi B 4089 BOI milik seorang pria berusia 45 tahun. Insiden tersebut terjadi di Jalan Baru, tepatnya di pinggir pintu keluar Tol Meruya, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (7/3/2023).

Kejadian bermula saat pengendara sedang mengendarai motornya. Setibanya di lokasi kejadian, sepeda motor tiba-tiba mengalami mati mesin.

Tak lama kemudian pemilik kendaraan melihat percikan api dan langsung menyelamatkan diri dengan menjatuhkan sepeda motornya.

“Untuk analisa awal kemungkinan adanya korsleting pada arus kelistrikan kendaraan tersebut,” ucap Diaman, dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Sepeda motor terbakar bukan pertama kali terjadi. Untuk itu pengendara mesti selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab sepeda motor terbakar.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar pada tutup busi.

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ucap Ribut.

Ribut mengatakan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber tapi bisa jadi karena hal lain.

Sebab, isi bensin sampai luber pun sebetulnya masih cukup aman karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/08/104200115/yamaha-r15-terbakar-di-pinggir-tol-kembangan-kenali-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke