Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perawatan Motor Listrik, Jangan Pernah Abaikan Baterai

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan motor listrik bisa dikatakan cukup minim. Tapi, jangan juga sampai abai, khususnya pada salah satu komponen utamanya, yakni baterai.

Junardi Hwangshuwei, anggota Komunitas Sepeda/ Motor Listrik (Kosmik) Indonesia, mengatakan, sangat tidak disarankan jika menggunakan motor listrik sampai daya baterainya benar-benar habis.

"Setidaknya, saat kondisi baterai tersisa 25 persen, harus segera dicas. Tidak masalah jika dicasnya tidak sampai penuh," ujar Junardi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika kendaraan listrik sering digunakan sampai baterainya benar-benar habis, dampaknya akan membuat baterai cepat rusak.

"Cara yang paling baik adalah dicas tiap habis digunakan. Namun, sebelumnya dinginkan terlebih dahulu. Dicas singkat saja, selama satu jam, lalu dinginkan, baru digunakan lagi," kata Junardi.

Selain cara pengecasannya, charger yang digunakan juga harus diperhatikan. Sebaiknya, gunakan charger yang tidak terlalu besar dayanya.

Kalau kita bicara fast charging artinya kita memaksakan suatu energi yang besar ke dalam baterai dalam waktu singkat. Artinya baterai dipaksa menyerap energi besar dalam waktu singkat. Sehingga baterai akan cepat lelah," ujar Hendro Sutono, pegiat motor listrik dan juru bicara Kosmik.

Menurutnya, penggunaan slow charging justru lebih bagus, meskipun waktu pengecasannya cukup memakan waktu. Tapi, setidaknya baterai motor listrik akan menjadi lebih awet usianya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/07/181200815/perawatan-motor-listrik-jangan-pernah-abaikan-baterai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke