Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecelakaan Bus Vs Moge di Baluran, Ini Bahaya Motor bila Keluar Jalur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut terjadi antara bus Akas dengan pengendara sepeda motor besar (moge) di jalan raya kawasan Hutan Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Dalam kejadian tersebut pengendara moge meninggal dunia.

Bus Akas dengan nomor polisi N 7927 US diketaui melaju dari arah timur ke barat (Banyuwangi-Surabaya). Kemudian dari arah berlawanan muncul moge dengan nomor polisi D 6699 SDH yang dikendarai SN.

Kasatlantas Polres Situbondo Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suwarno mengatakan, kecelakaan terjadi karena pengendara moge masuk terlalu dalam ke jalur bus sehingga kecelakaan tidak dapat dihindarkan.

"Dengan haluan terlalu ke kanan sehingga masuk ke lajur bus," jelas Suwarno dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Kepala Unit Kecelakaan (Kanit Laka) Satlantas Kepolisian Resor (Polres) Situbondo Ipda Kadek Yasa mengatakan, korban diduga melaju terlalu ke tengah dari jalurnya.

"Pengendara ke tengah sehingga ditabrak (bus), ini baru olah TKP awal dan akan melakukan pemanggilan saksi-saksi lain," ujarnya.

Bicara mengenai pemakaian jalur di jalan raya, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor memang disarankan untuk menggunakan jalur sebelah kiri.

"Sebenarnya dalam aturan lalu lintas, berkendara yang benar untuk sepeda motor harusnya berjalan di lajur paling kiri," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, pada kenyataannya di jalan raya banyak sekali rintangan yang ada di kiri. Biasanya rintangan yang sering didapat yakni adanya kendaraan besar dan jalan yang kurang mulus di lajur kiri.

"Dalam Safety Riding yang penting adalah kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan berkendara kita dan tidak terlalu kaku dengan aturan," ucap Agus.

Menurut Agus yang terpenting pada saat berkendara agar tetap aman, yakni harus memperhatikan kondisi lingkungan berkendara, berkendara situasional sesuai kondisi lalu lintas.

"Sewaktu-waktu boleh saja motor berada di lajur kanan atau di tengah sesuai dengan kondisi lalu lintas, namun hal tersebut bukan berarti kita juga bebas ingin berkendara di lajur manapun," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/05/092100215/kecelakaan-bus-vs-moge-di-baluran-ini-bahaya-motor-bila-keluar-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke