Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IIMS 2023 Jadi Barometer Pameran Otomotif Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) resmi menutup penyelenggaraannya pada Minggu (26/2/2023). Ajang otomotif yang dibuka dan diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini diklaim sukses terlaksana.

Panitia penyelenggara mencatat sejak hari pembukaan, Kamis (16/2/2023) hingga Jumat (24/2/2023), angka pengunjung IIMS mengalami kenaikan yang stabil, yaitu sebesar 24 persen dari tahun 2022 pada kurun waktu yang sama.

Nilai transaksi yang dilaporkan kepada panitia, tercatat senilai Rp 3,45 triliun. Keseluruhan data transaksi merupakan pencatatan sementara, per hari Sabtu (25/2/2023) malam.

Pelaksanaan pameran otomotif IIMS, diyakini sebagai tolak ukur kegiatan otomotif lainnya. Momentum awal tahun sangat tepat bagi seluruh peserta pameran untuk menampilkan produk unggulannya yang akan dipasarkan tahun ini.

Begitu juga bagi pengunjung, penyelenggaraan IIMS dapat dijadikan kesempatan untuk memiliki kendaraan baru yang dapat dipergunakan saat mudik Lebaran nanti.

Bagi pegiat, pelaku, dan komunitas otomotif, IIMS tatkala memfasilitasi ruang tumbuh sektor otomotif dan kreatif yang potensial.

Beberapa hal yang sangat disoroti pada pelaksanaan IIMS 2023, yakni perpaduan aktivitas otomotif dan entertainment yang disebut Oto-tainment.

Tampak jelas IIMS Skybridge, yang merupakan jembatan penyebrangan yang membentang sepanjang 78 meter guna memfasilitasi pengunjung dari area Hall A & D menuju Hall B & C.

Pembuatan jembatan penyebrangan dipertimbangkan dengan matang dan melalui uji kelayakan (sertifikasi khusus), agar dapat dipergunakan dengan baik dan tidak ada risiko.

Tepat di bawah IIMS Sky Bridge, terdapat IIMS Track, yaitu jalur khusus untuk test drive dan test ride kendaraan yang ada di IIMS.

Untuk satu putarannya mencapai 521 m, sehingga jalur tersebut dapat memfasilitasi pengunjung dalam menguji kendaraan dengan maksimal.

Sedangkan di area tengah dari IIMS Track, terdapat panggung dengan kemegahan 4 sisi terbuka bagi penikmat musik, IIMS Infinite Live. Program musik yang setiap harinya menampilkan musisi papan atas Indonesia, khusus bagi pengunjung pameran IIMS 2023.

Daswar Marpaung, Project Director IIMS 2023 mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada para insan otomotif dalam kerja sama menyukseskan IIMS 2023.

"Kami juga sangat senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia terhadap industri otomotif yang semakin tinggi, dan kami berharap acara ini dapat terus memperkuat perkembangan industri otomotif di Indonesia," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (2/3/2023).

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, berkomitmen agar IIMS dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya, guna meningkatkan minat dan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang industri otomotif.

“Kami berterima kasih kepada seluruh exhibitor, pengunjung, komunitas, pemerintah, sponsor, dan pihak terkait lainnya yang telah mendukung acara ini, dan kami berharap dapat bertemu kembali di IIMS berikutnya dengan inovasi yang lebih apik sebagai bukti komitmen kami mengembangkan sektor otomotif dan sektor MICE, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Nasional," ucap Daswar.

IIMS 2023 didukung oleh Bank Danamon, Adira Finance dan MUFG Bank, yang sudah berpartisipasi selama dua tahun berturut-turut.

Yasushi Itagaki, Direktur Utama Bank Danamon, mengatakan, industri otomotif berperan penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG ingin menegaskan kembali dukungan kami untuk pemulihan ini serta pertumbuhan berkelanjutan selama bertahun-tahun ke depan dengan mendukung dan membantu ekosistem otomotif dan rantai pasokan keuangan Indonesia untuk tumbuh dan berkembang," jelas Itagaki.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/02/132611515/iims-2023-jadi-barometer-pameran-otomotif-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke