Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CR-V Hybrid Dijejali Mesin V6, Tenaga Tembus 800 Tk

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda tetap setia mengikuti ajang balap, meskipun mulai fokus menggarap kendaraan elektrifikasi. Salah satunya dengan CR-V Hybrid yang dijejali mesin V6 untuk mengikuti balap Indycar.

David Salters, Presiden dan Direktur Teknis Honda Performance Development (HPD), mengatakan, proyek kendaraan ini merupakan 'monster' Indycar berselimut bodi Honda CR-V.

"CR-V Hybrid Racer adalah laboratorium elektrifikasi berjalan kami, untuk menginvestigasi di mana pria dan wanita yang bertalenta di HPD dan Honda bisa mengerjakan elektrifikasi, teknologi hibrida, dan 100 persen bahan bakar terbarukan," ujar Salters, dikutip dari Carscoops.com, Rabu (1/3/2023).

Mobil tersebut ditenagai mesin V6 2.2 L dan dilengkapi sepasang turbocharged dari Borg Warner EFR7163. Untuk ECU, mengandalkan McLaren Applied Technologies Tag 400i. Dibekali juga dengan motor hybrid Empel MGU dengan Skeleton Supercapacitors.

Bahan bakarnya mengandalkan Shell yang diklaim 100 persen terbarukan. Honda mengklaim mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 800 tk.

Untuk meningkatkan kestabilan dan kenyamanan berkendara, suspensi depannya diganti dengan milik Acura NSX GT-3 Evo22. Sedangkan suspensi belakangnya, dari Dallara IR-18.

Kemudian, sistem pengereman didukung dengan rem cakram berdiameter 380 mm di bagian depan dan 355 mm di bagian belakang. Rodanya mengandalkan pelek 2Elle Engineering dan dibalut oleh ban Firestone Firehawk Indy 500 Ultra-High Performance.

Sedangkan dari segi eksteriornya, front splitter dan spoiler yang besar membantu mobil ini tetap mendapatkan traksi yang optimal.

Mobil balap ini akan diturunkan pada NTT Indycar Series 2023 di Amerika Serikat. Namun, Honda juga berniat untuk menurunkan mobil ini pada ajang balap lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/01/100200115/honda-cr-v-hybrid-dijejali-mesin-v6-tenaga-tembus-800-tk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke