Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenalan dengan Mobil Amfibi Buatan Ukraina di IIMS 2023

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 tengah berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Selama 11 hari ada berbagai produk otomotif yang dipamerkan dalam ajang IIMS 2023

Salah satu yang turut menarik perhatian banyak pengunjung ada dua unit mobil yang ada di area luar pameran 2023.

Kedua mobil yang menarik perhatian pengunjung IIMS 2023 tersebut memiliki tampilan yang tidak biasa lantaran memiliki ukuran ban raksasa. Mobil tersebut adalah kendaraan jenis All Terrain Vehicle (ATV) dari Sherp buatan Ukraina.

Direktur Operasional Sherp Guntur Simamora mengatakan jika kendaraan ini kerap disebut sebagai kendaraan amfibi karena mampu menaklukan berbagai kondisi dan medan jalan.

“Mobil ini bisa untuk semua medan, salju, lumpur, air, rawa, gurun pasir dan semuanya. Di Indonesia hanya ada dua unit ini, kita jual selama di IIMS 2023 Rp 5,8 miliar. Kalau barunya itu, yang jenis ATV untuk membawa korban bencana atau resque Rp 9,7 miliar yang tipe standar Rp 8,7 miliar,” kata Guntur kepada Kompas.com di acara IIMS 2023, Rabu (22/2/2023).

Sementara itu, kendaraan ini dibekali dengan empat roda multi guna berukuran raksasa yang ternyata memiliki peran penting sebagai cadangan bahan bakar dari kendaraan.

Pada velg ban tersebut memiliki lubang khusus yang ternyata menjadi tangki cadangan untuk diesel. Masing-masing tabung pada velg tersebut punya kapasitas tangki diesel cadangan 50 liter.

“Velgnya jadi tangki cadangan untuk mengisi diesel. Karena ada 4 velg jadi cadangan 200 liter diesel cadangan. Tangki utama diesel ada 80 liter sehingga totalnya ada 280 liter diesel,” kata Guntur.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/162816515/kenalan-dengan-mobil-amfibi-buatan-ukraina-di-iims-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke