Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semua Jenis Motor Bensin Bisa Dikonversi ke Listrik?

JAKARTA, KOMPAS.com - Konversi motor bensin menjadi motor listrik umumnya dilakukan pada motor-motor tua yang memang sudah tidak memiliki performa mesin yang baik.

Motor-motor tua umumnya memiliki nilai artistik yang lekat dengan kata antik, maka tidak sedikit pemiliknya mau mengeluarkan biaya cukup banyak untuk mengubah mesinnya menjadi motor listrik. 

Seperti yang diktehaui, motor listrik membutuhkan perawatan yang lebih sedikit tidak seperti mesin bensin yang harus rutin servis.

Tidak menutup kemungkinan motor baru juga bisa dikonversi ke motor listrik karena pada dasarnya konversi tersebut mengganti secara keseluruhan komponen mesin menjadi dinamo.

EO Elders Garage Heret Frasthio mengatakan, sementara ini bengkelnya menerima konversi motor listrik hanya pada motor-motor tua.

“Bisa atau tidak ya sebenarnya bisa saja, namun kami melihat peluang konversi ini lebih besar bila dilakukan di motor-motor tua, seperti Vespa, Honda C70, Legenda, dan Grand, seperti Vario itu sementara belum,” ucap Heret kepada Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Dia mengatakan ubahan yang dilakukan bisa dibilang mencakup semua sistem tenaga yang ada di mesin motor.

“Mulai dari penggantian dinamo, mengubah tangki bensin menjadi aliran listrik dan baterai, dan penggantian controller atau ECUnya,” ucap Heret.

Perombakan yang cukup kompleks tersebut berpeluang besar bisa dilakukan pada semua jenis sepeda motor.

“Sehingga tidak aneh jika biaya konversi motor bensin ke motor listrik cukup mahal, karena hampir keseluruhan sistem penggerak diubah,” ucap Heret.

Jadi, semua motor bensin bisa saja diubah menjadi motor listrik, hanya saja perlu penyesuaian desain motor listrik kit yang tersedia untuk mempercepat prosesnya. Seperti Elders Garage, baru menerima beberapa jenis motor saja untuk konversi motor bensin menjadi motor listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/06/111200315/semua-jenis-motor-bensin-bisa-dikonversi-ke-listrik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke