Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Nissan Ariya, Siap Merapah Kutub Utara hingga Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan memodifikasi mobil listrik Ariya dengan konsep overland. Mobil listrik ini rencananya akan digunakan untuk merapah Kutub Utara ke Kutub Selatan.

Dikutip dari Carscoops.com, Jumat (2/2/2023), mobil listrik Nissan Ariya tersebut akan digunakan untuk melakukan ekspedisi Pole-to-Pole. Total jaraknya diklaim mencapai 27.000 Km.

Petualangan ini akan dilakukan oleh pasangan suami istri dari Inggris, yakni Chris dan Julie Ramsey. Nissan ingin membuktikan bahwa mobil listrik, khususnya Ariya, lebih tangguh dan lebih sanggup dibandingkan yang selama ini orang perkirakan.

Dengan memulai dan mengakhiri perjalanan dari kutub ke kutub, artinya Ariya juga harus melewati daerah bersalju. Selain itu, mobil ini juga akan ditantang melewati pegunungan dan gurun pasir.

Modifikasi yang Nissan lakukan sengaja dibuat seminimal mungkin agar sebagian besar mobil masih dalam bentuk orisinal. Perubahan paling signifikan hanya pada bannya yang berukuran 39 inci.

Ban tersebut otomatis membuat jarak terendah ke tanah jadi meningkat. Tapi, itu dilakukan juga untuk menyesuaikan medan yang akan dilewati.

Memasang ban tersebut memaksa Nissan merevisi sedikit bagian sepatbor. Namun, hasil akhirnya tetap terlihat proporsional dengan tambahan over fender.

Suspensi juga mengalami penyesuaian. Tapi, untuk motor elektrik, baterai, dan sistem penggerak rodanya, tetap dibiarkan dalam kondisi standar.

Untuk pengisian baterai, mobil listrik ini dilengkapi dengan turbin angin dan panel surya untuk membantu pengecasan baterai.

Nissan Ariya dibuat dengan menggunakan platform Common Module Family (CMF) yang dikembangkan bersama aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Dengan baterai 87 kWh, jarak tempuh terjauhnya diklaim dapat mencapai 490 kilometer.

Untuk performanya, Ariya dapat menghasilkan tenaga hingga 238 tk dan torsi 300 Nm. Untuk sistem penggerak rodanya, tersedia Front Wheel Drive (FWD) dan All Wheel Drive (AWD).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/03/102200615/modifikasi-nissan-ariya-siap-merapah-kutub-utara-hingga-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke