Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Aturan Main Cuci Mobil Mandiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil menjadi salah satu bentuk perawatan yang wajib dilakukan. Tujuannya untuk membuat eksterior tampil lebih bersih dan menjaga cat agar tak cepat kusam.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, mencuci mobil sendiri di rumah memiliki banyak manfaat yang sebenarnya sangat positif.

"Memberikan perlindungan mobil dari debu yang dapat menimbulkan baret, menjaga pandangan tetap jelas saat berkendara, bahkan untuk menjaga nilai kendaraan serta memastikan perlindungan kesehatan bagi pengemudi dan penumpang," ucap Hariadi, dalam keterangan resminya, Senin (30/1/2023).

Meski demikian, mencuci mobil sendiri ternyata ada aturan mainnya. Pemilik tak boleh asal, agar hasilnya maksimal, aman, dan tepat ada beberapa langkah yang disarankan, yakni :

- Mulai dari bagian palin kotor

Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari aspal, seperti ban dan pelek, biasanya menjadi bagian yang mudaj kotor. Pada sektor ini, pemilik mobil dapat menggunakan tire cleaner atau cairan khusus yang diperuntukan membersihkan kedua komponen tersebut.

Untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, dapat dibantu menggunakan sikat khusus. Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo, pastikan air dan busa yang telah dipakai tidak digunakna lagi untuk area kaca dan bodi.

- Basahi dengan air bersih yang mengalir

Selanjutnya menyemprot air bersih ke bodi mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum nantinya diberi shampoo.

Cara menyemprotkan air yang baik dengan posisi menyamping, hindari semprotan langsung ke area yang memiliki lubang terbuka, seperti gril atau bumper, terutama bagi yang menggunakan air bertekanan tinggi. Teknik tersebut bertujuan agar proses mencuci lebih aman untuk permukaan bodi atau komponen di balik lubang mobil tersebut.

- Mulai dari atap

Proses selanjutnya, mencuci dari bagian atas atau area yang paling bersih lebih dulu. Pastikan gerakan mengusap dilakukan dari atas ke bawah, bukan memutar.

Pencucian dari atap mobil ini akan membuat air sabun turun ke bagian bawah, yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang.

- Kaca

Rampung dengan atap, selanjutnya yang perlu dicuci adalah bagian kaca seperti spion dan jendela. Pemilik kendaraan dapat membersihkan dengan menambahkan air dan shampoo menggunakan kain microfiber.

- Bodi

Setelah menyelesaikan bagian kaca, giliran bodi yang dimulai dari depan hingga belakang secara perlahan dengan gerakan atas ke bawah. Pastikan untuk mencuci lampu mobil yang berada di bagian depan maupun belakang mobil.

Hindari penggunaan peralatan mencuci berbahan kasar. Pemilik dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan bagian yang permukaannya sempit atau memiliki banyak lekukan.

"Pilih shampoo khusus mencuci mobil yang sebaiknya memiliki kadar pH mendekati 7 dan memiliki kandungan silikon minimal 60 persen. Selain itu peralatan dan perlengkapan yang digunakan juga harus tepat dan berkualitas baik," kata Hariadi.

- Bilas dan keringkan

Selesai semua bagian, giliran dibilas dan langsung dikeringkan menggunakan kain microfiber yang lembut. Jangan lupa membersihkan busa yang masih menempel dengan air bersih.

Untuk pengeringan bagian eksterior, bisa dilakukan dengan kain microfiber yang lembut karena memiliki daya serap yang baik dan tidak meninggalkan goresan.

Lakukan pengeringan secara sempurna terutama pada bagian yang rentan water spot seperti kaca depan, jendela, dan lampu.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/30/143100215/begini-aturan-main-cuci-mobil-mandiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke