Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Roller dan Pulley CVT Aftermarket buat Honda PCX

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melakukan servis sepeda motor matik (skutik) secara berkala, satu komponen vital yang harus diperhatikan adalah sistem transmisi CVT.

CVT (Continuously Variable Transimission) adalah sistem transmisi standar yang umum digunakan skutik untuk membantu pengoperasian kopling secara otomatis.

Standarnya, ketika servis berkala bagian transmisi CVT hanya dibersihkan dari kotoran dan debu.

Namun tidak jarang juga ditemui kerusakan-kerusakan yang mengharuskan digantinya beberapa komponen internal.

Komponen yang umum diganti dari CVT adalah komponen roller dan pulley. Dua komponen tersebut bisa dianggap sebagai satu kesatuan yang menggerakkan bagian driven face CVT.

"Kalau di CVT, umumnya dua komponen itu (pulley dan roller) yang diganti," ujar Budi Susanto, pemilik bengkel Terang Motor Cikupa kepada Kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Koh Budi itu menjelaskan jika roller dan pulley CVT memiliki dua variasi, yakni versi resmi yang disediakan langsung oleh diler, atau versi aftermarket dangan bermacam merek dan kustomisasi.

"Ada yang versi resmi, itu langsung dari diler. Versi luar (aftermarket) juga ada untuk yang mau kustom," jelasnya.

Usai survei ke beberapa toko offline yang menyediakan komponen roller dan pulley CVT versi aftermarket. Skutik yang dijadikan patokan adalah Honda PCX 150.

Hasilnya, ditemukan beberapa merek aftermarket yang menyediakan dua komponen tersebut. Harganya pun tidak terpaut jauh antara merek satu dengan merek lainnya.

Suku cadang aftermarket juga bisa dibeli secara satuan atau per bagian. Berbeda dengan suku cadang resmi AHASS, di mana konsumen diharuskan membeli satu set dan tidak bisa membeli satuan.

"Untuk roller dan pulley khusus Honda PCX, yang cukup banyak diminati adalah keluaran UMA Racing atau TDR," terang Sugi selaku pemilik dari toko suku cadang Jaya Motor Cikupa.

"Pelanggan biasanya beli di sini kemudian dipasang sendiri, atau dijadikan material kustom di bengkel," imbuhnya.

Di sisi harga, merk UMA Racing mematok harga sebesar Rp 160 ribu untuk komponen roller dan Rp 650 ribu untuk komponen pulley.

Sedangkan merk TDR mematok harga sebesar Rp 100 ribu untuk komponen roller dan Rp 600 ribu untuk komponen pulley.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/29/160100715/harga-roller-dan-pulley-cvt-aftermarket-buat-honda-pcx

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke