Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kurangi Kemacetan, Dishub DKI Bakal Tutup 27 U-Turn di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengurai kepadatan lalu lintas di Ibu Kota, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal mengidentifikasi 27 jalur putar balik (u-turn) yang dinilai kerap menjadi sumber kemacetan.

“Sebagaimana arahan Penjabat Gubernur DKI untuk tahap awal untuk jangka mendesak kami melakukan penutupan 27 putaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di gedung DPRD DKI Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (24/1/2023).

Tak hanya itu, pihaknya juga berencana mengubah tujuh ruas jalan untuk diterapkan menjadi satu arah. Terkait hal ini, Dishub akan berkolaborasi dengan Google Indonesia untuk mengoptimalkan lalu lintas (traffic light) dalam waktu dekat.

“Teman-teman dari Google sudah melaksanakan analisis dan evaluasi terhadap situasi dan kondisi lalu lintas di satu koridor,” kata Syafrin.

Beberapa jalan yang sedang dilakukan analisa diantaranya Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, hingga Jalan Pemuda. Namun, belum ada penjelasan lanjutan seluruh putaran yang dimaksud.

Sejalan dengan hal tersebut, Dishub juga akan meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan angkutan umum. Harapannya agar masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi bisa beralih ke angkutan umum.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI, kapasitas angkutan publik terus ditingkatkan. Misalnya TransJakarta saat ini mencapai sekitar 1,2 juta penumpang per hari dengan kekuatan armada 4.700 unit.

Pihaknya memproyeksikan kapasitas TransJakarta akan ditingkatkan pada 2024 mencapai 1,5 juta penumpang dan armada 6.960 unit melalui penambahan koridor dari 13 menjadi 15 koridor BRT (dengan halte).

Kemudian MRT yang saat ini kapasitasnya mencapai 173.000 per hari dan ditingkatkan pada 2024 menjadi 260.000 ribu pada 2024 yang juga akan didukung penyelesaian MRT Fase 2A.

Selanjutnya LRT Jakarta kapasitas saat ini mencapai 18.000 penumpang per hari yang diintegrasikan dengan TransJakarta sehingga ditargetkan kapasitas naik menjadi 145.000 penumpang per hari.

Selain itu, ada LRT Jabodetabek dengan kapasitas penumpang mencapai 730.000 per hari yang melalui 18 stasiun dan rencananya pada Juli 2023 akan mulai berlaku.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/25/061200515/kurangi-kemacetan-dishub-dki-bakal-tutup-27-u-turn-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke