Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Motor Favorit untuk Bahan Modifikasi, Byson Paling Diminati

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa tipe motor sport keluaran pabrikan menjadi bahan dasar favorit pada pemodifikasi. Meski begitu, motor-motor tersebut belakangan semakin sedikit ditemui.

Para modifikator pun harus mencari lagi motor di kelas 150 cc sampai 200 cc, yang sekiranya cocok menjadi bahan untuk diubah menjadi aliran tertentu.

Sugimo, pemilik bengkel modifikasi Gims Garage di Alam Sutera, Tangerang, mengatakan, Yamaha Byson saat ini menjadi favorit pemodifikasi untuk dioprek.

Ia juga mengatakan, pemilihan bahan dasar motor ini mengutamakan mesin dengan teknologi sederhana (karburator) dan stok yang banyak di pasar motor bekas.

“Saya mulai custom dari Oktober 2020, waktu itu kita main di Byson harga bahan masih Rp 4 juta. Sekarang sudah di angka Rp 8 juta sampai Rp 10 juta. Jadi naiknya lebih dari dua kali lipat, dan unitnya juga mulai susah,” ujar Sugimo, kepada Kompas.com (20/1/2023).

Menurutnya, bila stok Byson semakin terbatas ia bakal mengalihkan perhatian ke Suzuki Thunder 125 ataupun Honda Megapro 150 dan Verza 150.

“Mungkin ke depan pakai Thunder 125, karena sama-sama masih karburator. Kalau Megapro 150 atau Verza 150 sudah injeksi, jadi lebih mahal modalnya,” ucap Sugimo.

Sementara itu, motor sport yang relatif banyak di pasaran saat ini adalah Honda CB150R ataupun Yamah Vixion. Namun model tersebut tidak begitu cocok dengan aliran modifikasi yang diusung Sugimo.

Sementara Honda Tiger ataupun Yamaha Scorpio, meskipun cocok dimodif apapun, ternyata memiliki kendala harga yang relatif mahal dan stoknya juga semakin jarang.

“Kalau pakai CB150R atau Vixion paling kita bikin cafe racer. Kalau aliran Bobber kurang pas, karena dia ada radiatornya,” kata Sugimo.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/24/161607815/ini-motor-favorit-untuk-bahan-modifikasi-byson-paling-diminati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke