Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Moge Surui Ujwala, Road Glide Berbalut Tiga Karya Batik

JAKARTA, KOMPAS.com - Surui Motor Garage memboyong Harley Davidson Road Glide lansiran 2015 ke Motor Bike Expo 2023 yang akan berlangsung di Verona, Italia akhir Januari.

Motor yang dibawa tersebut bisa dibilang mewakili Indonesia, baik secara detail modifikasi sampai komponen yang dipasang. Road Glide ini juga hasil kolaborasi antara Surui, Garasi 19, Free Flow, dan Kawahara, diberi nama Ujwala.

Andre C Tenardi, Founder Garasi 19 mengatakan, untuk menggarap motor tersebut, pihaknya cuma diberi waktu 30 hari. Bahkan, hari ini, Senin (9/1/2023), motor akan berangkat terbang ke Italia.

"Kita hanya dikasih waktu satu bulan, 30 hari untuk membangun motor ini. Kita kolaborasi berempat (Garasi 19, Free Flow, Kawahara, dan Surui). Motor ini temanya Bagger Performance yang di luar memang sedang hype," ucap Andre di Jakarta, Sabtu (7/1/2023).

Bukan cuma soal gaya yang bergaya racing atau performance, Ujwala dibalut dengan hasil cat yang apik oleh Free Flow dengan tema Batik. Tidak mudah untuk memadukan batik ditambah gaya bagger performance.

Ada tiga motif batik yang dipadukan, yakni Toraja di atas, Bali di tengah, dan Jawa di bawah. Selain itu, agar mendapatkan aura performa, beberapa bagian diganti dengan dry carbon.

"Paling menantang di sini adalah menyatukan batik dan performance. Performance itu keras dan cepat, batik itu lebih luwes dan eksotis. Akhirnya saya masukkan unsur dari Toraja yang lebih keras, Bali saya ambil dari mahkota yang ada di Barong, makanya bisa masuk ke performa," ucap Fahmi, Founder Free Flow.

Mengenai Bagger Performance, Andre menjelaskan kalau aliran tersebut mengacu pada komponen yang dipasang memiliki performa tinggi. Seperti dari suspensi sampai pengereman menggunakan komponen high performance.

Pada bagian kaki-kaki depan, dipasang spatbor dari bahan serat karbon dengan suspensi dari Ohlins berwarna emas. Sedangkan pelek lansiran Arlen Ness dan kaliper rem dari Brembo.

Beralih ke bagian kokpit, triple clamp dan raiser stang sudah memakai produk lokal buatan Kawahara dengan nama Surui. Selain itu pada speedometer, memakai cover dari Vity's Design Italia.

Komponen Surui yang dibuat oleh Kawahara juga bisa dilihat di aksesori bagian mesin. Misal ada air juicer,derby cover, dan knalpot yang dibuat secara khusus. Kemudian pada floor boards (foot peg) yang juga merek Surui.

Pada bagian belakang, surui membuat swing arm khusus dengan model yang ciamik dan gagah. Selain itu, dipasang juga beberapa bracket untuk dudukan suspensi belakang, dekat dengan box.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/09/100200515/modifikasi-moge-surui-ujwala-road-glide-berbalut-tiga-karya-batik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke