Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulik Lagi Fitur Xenia Varian Mahal dengan Teknologi ASA

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyandang predikat "Mobil Sejuta Umat", Daihatsu Xenia kini tampil lebih modern melalui generasi barunya.

Tak hanya dari desain, tapi fitur, teknologi, sampai mesin juga menjadi sajian baru yang ditawarkan Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dari perjalanan selama 18 tahun, bisa dibilang generasi terbaru yang meluncur pada 2021 lalu merupakan transformasi paling besar yang dilakukan Daihatsu pada Xenia. Mulai dari penggunaan D-CVT, platform DNGA, sampai pindahnya penggerak roda ke depan.

Perubahan total ini membawa peningkatan yang signifikan, terutama dari sisi pengalaman berkendaranya. Mesin 2NR-VE berkubikasi 1.500 cc yang digunakan mampu menyuplai tenaga 106 Ps atau 104 tk dan torsi 137 Nm di putaran 4.200 rpm.

Boleh dibilang akselerasi tenaga bawahnya cukup responsif ketika redaksi menjajalnya beberapa waktu lalu, apalagi dengan hadirnya sistem transmisi D-CVT seperti yang diaplikasi pada Rocky.

Selain itu,  manuver juga makin persisi dengan adanya Electric Power Steering (EPS) dan radius putar sejauh 4,9 meter. Tak perlu repot saat akan melakukan u-turn dan masih lincah menyalip beberapa kendaraan.

Untuk kelapangan kabin tak perlu lagi diragukan, baik baris pertama dan kedua masih bisa memanjakan penumpang, apalagi adanya fitur sofa mode yang sangat membantu memaksimalkan posisi istirahat ketika perjalanan jauh.

Dari segi fitur, generasi terbaru All New Xenia jauh lebih berkelas bila dibandingkan dari generasi sebelumnya.

Untuk memberikan kenyamanan, Daihatsu menyematkan teknologi Advance Safety Assist (ASA) yang jadi fitur keselamatan aktif melalui sensor dan stereo camera pada kaca depan untuk mendeteksi objek di depan lalu memberikan peringatan bila ada potensi bahaya.

Total ada enam fitur yang terdapat pada ASA, yakni Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Selain itu, ada juga Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Dual Airbag, Auto Door Lock pada seluruh varian, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) mulai varian X dengan transmisi CVT, Window Jam Protection, sampai Rear Parking Camera & 360 derajat Around View Monitor.

Dengan beragam kelebihan tersebut, Daihatsu All New Xenia bisa menjadi alternatif menarik bagi yang mencari mobil keluarga. Apalagi harganya lebih kompetitif dibanding saudaranya.

Untuk harga, Daihatsu memasarkan Xenia mulai dari Rp 216,9 juta hingga Rp 274,1 juta yang jadi varian termahal dengan segala kelengkapan fitur yang sudah dibahas. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/07/184200715/ulik-lagi-fitur-xenia-varian-mahal-dengan-teknologi-asa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke