Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Ekstrem Toyota Alphard Jadi Truk Pikap

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Alphard menjadi salah satu mobil jenis luxury MPV yang banyak diminati oleh konsumen otomotif menengah ke atas. Dengan harga mencapai lebih dari Rp 1 miliar, tak heran jika mobil ini hanya dimiliki oleh kalangan tertentu.

Namun, bagaimana jika mobil mewah tersebut dihadirkan dalam wujud pick up?

Dikutip dari Carscoops, Jumat (30/12/2022), beberapa murid di Nihon Automobile College di Jepang, membuat pikap versi Alphard atau yang dinamai NATS Alphard Super Dually Truck. Mobil ini didasari oleh MPV mewah Toyota generasi ketiga.

Debut resmi model pikap ini rencananya akan dipamerkan pada Tokyo Auto Salon pada 13 Januari mendatang. Tetapi NATS telah membagikan kumpulan foto modifikasi Alphard jadi-jadian ini.

Modifikasi ini dimulai dengan memotong pilar ketiga dari Toyota Alphard. Bagian pikap bersumber dari Toyota Hilux, yang telah diperpanjang dengan kombinasi wheelbase yang diregangkan. Modifikasi lainnya termasuk pintu belakang yang lebih tinggi dan bemper yang lebih dalam.

Gaya bodi pikap kabin ganda juga memengaruhi pintu belakang Alphard yang diubah dari geser menjadi engsel belakang. Artinya NATS Alphard Super Dually Truck akan memiliki suicide doors yang mirip dengan Rolls-Royce.

Bagian interiornya belum selesai, tetapi akan didominasi warna biru dengan disematkan sistem audio yang lebih keras dari Diecock.

Alphard pikap ini juga sudah dibekali suspensi Air Force Super Performance. Lengkap dengan pelek Work Equip E10 20 inci yang dibalut ban Toyo, berukuran 245/35ZR20 di depan dan 345/25ZR20 di belakang.

Nama "dually" pada NATS Alphard Super Dually Truck, menunjukan bahwa mobil ini bakal menerima sepasang ban tambahan di bagian belakang dengan melebarkan sepatbor belakang.

Spion besar yang kemungkinan berasal dari truk ukuran penuh juga disematkan pada mobil ini.

Bicara soal jantung pacu, mobil ini dibekali mesin standar empat silinder 2.500 cc yang menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi 235 Nm.

Minivan ini secara eksklusif ditawarkan dengan gearbox otomatis, meskipun tidak jelas apakah tenaga disalurkan ke depan atau keempat roda karena kedua opsi tersebut tersedia di Jepang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/30/170100315/modifikasi-ekstrem-toyota-alphard-jadi-truk-pikap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke