Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Hujan Deras Sebaiknya Tidak Mengendarai Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca di berbagai kota di Indonesia diprediksi akan hujan dan angin. Hal ini bisa berbahaya untuk para pengendara motor yang masih harus beraktivitas.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan para pengendara sebelum menerjang hujan. Pertama adalah selalu membawa perlengkapan tambahan, seperti jas hujan, sarung sepatu, dan lainnya.

"Kedua, kalau memang cuaca dalam kondisi yang ekstrem, sebaiknya tidak memaksakan untuk tetap berkendara," ucap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana kepada Kompas.com, Rabu (28/12/2022).

Agus menjelaskan, ketika cuaca ekstrem, banyak potensi bahaya yang ada di jalanan, terutama untuk pengendara motor. Misal ada pohon tumbang, billboard terbang, sampai benda lain yang terbawa angin kencang.

Lalu, jika terpaksa tetap menerjang hujan,cari rute terbaik agar perjalanan efektif dan tidak terjebak macet karena banjir. Perhatikan juga kondisi tubuh, harus fit agar bisa mengendarai motor dengan baik.

"Bahayanya jika berkendara pada kondisi angin kencang adalah bisa hilangnya keseimbangan pada sepeda motor yang dapat menyebabkan pengendara terjatuh," kata Agus.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menambahkan, banyak hal yang tidak bisa diprediksi saat cuaca ekstrem. Hal ini bisa berbahaya untuk pengendara motor.

"Sebaiknya urungkan berkendara apabila tidak yakin. Kalau naik motor, segera berhenti di tempat yang aman untuk berlindung, cuaca ekstrem bisa berubah-ubah dan membahayakan diri sendiri," ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/28/161200515/saat-hujan-deras-sebaiknya-tidak-mengendarai-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke