Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hadapi Cuaca Ekstrem Jakarta, Pengendara Mobil Jangan Salah Bersikap

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang pergantian tahun menuju 2023, tersiar kabar akan terjadi badai dahsyat di Jabodetabek pada 28 Desember 2022.

Menanggapi kabar tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut merujuk dari berbagai parameter fenomena alam tersebut memiliki peluang yang cukup kecil untuk terjadi.

"Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dikutip dari bmkg.go.id, Rabu (28/12/2022).

Namun, Guswanto mengimbau kewaspadaan masyarakat dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

Maka dari itu, para pengendara hendaknya selalu waspada untuk melakukan aktivitas di tengah cuaca ekstrem.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan jika pada saat cuaca ekstrem pengendara mobil akan mudah salah dalam bersikap dan mengambil keputusan saat mengoperasikan kendaraan.


“Cuaca ekstrem memang akan bisa menghambat perjalanan. Jadi waspada terhadap pengemudi pemula karena kemampuannya terbatas dan visibilitas yang pendek. Hal ini akan membuat banyak pengendara yang salah dalam bersikap,” kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (28/12/2022).

Sony menjelaskan, kesalahan dalam bersikap yang dimaksud salah satunya seperti berjalan perlahan dengan lampu hazard di semua lajur.

Hal ini tentunya akan membuat pengendara lain akan salah paham dalam menangkap sinyal tersebut.

Tidak hanya itu, bahaya lainnya yaitu tumbangnya pohon- pohon atau tiang billboard yang tidak terpantau, terpaan angin yang kencang dari samping dan banjir.

“Hal—hal yang tidak terprediksi diatas harus diwaspadai. Sebaiknya mengukur diri dan urungkan berkendara apabila tidak yakin, atau kalau terjebak di jalan raya, segera cari tempat berhenti yang aman,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/28/083200115/hadapi-cuaca-ekstrem-jakarta-pengendara-mobil-jangan-salah-bersikap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke