Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diusulkan Dapat Subsidi Mobil Listrik, Begini Tanggapan Esemka

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar lebih bermanfaat, Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan pemerintah untuk memberikan subsidi pembelian kendaraan listrik pada produk garapan PT. Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka.

Mulyanto mengatakan, dengan adanya pemberian subsidi pada kendaraan listrik Esemka yang merupakan produk dalam negeri, akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa," kata Mulyanto dalam keterangan resminya, Kamis (8/12/2022).

Selain itu, dari keterangan resmi juga diinformasikan bila pada awal Februari 2021 lalu, Esemka tengah menjajaki pengembangan mobil listrik yang dibangun menggunakan model kendaraan niaga ringannya, yakni Esemka Bima.

Informasi tersebut mengundang perhatian, apalagi sudah cukup lama tak ada kabar soal perkembangan produk buatan Esemka.

Ketika mengonfirmasi soal kabar usulan pemberian subsidi untuk mobil listrik Esemka, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Sabar Budi, enggan memberikan banyak komentar.

"Untuk saat ini kami masih fokus pada produksi yang sempat tertunda beberapa waktu lalu karena faktor pendemi Covid-19 saja," ujar Sabar kepada KOMPAS.com, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut Sabar menjelaskan, pabrik Esemka yang berlokasi di Demangan, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, sudah beroperasi normal sejak pertengahan tahun.

Meski demikian, Sabar belum mengetahui secara pasti soal total produksi yang bisa dikejar hingga akhir tahun nanti.

"Belum, kita belum hitung. Saat ini yang pasti pabrik sudah aktif lagi, normal," katanya.

Informasi soal Esemka yang mengembangkan mobil listrik sebenarnya sudah cukup lama beredar. Pada 2021, Sabar juga sudah menjelaskan bila pihaknya memang sudah pernah melakukan riset elektrifikasi menggandeng Pindad.

Saat itu, unit yang digunakan bukan Esemka Bima, melainkan Digdaya yang sama-sama merupakan kendaraan niaga ringan namun modelnya kabin ganda.

"Dulu sudah pernah dengan Pindad menggarap (EV) Esemka Digdaya, unit prototipenya sudah ada. Tapi apakah dengan Pindad itu bisa terus atau tidak, bisa iya bisa juga tidak, karena kami tidak tahu ke depannya nanti," ucap Sabar, Rabu (3/2/2021).

 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/09/070200215/diusulkan-dapat-subsidi-mobil-listrik-begini-tanggapan-esemka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke