Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Puncak Bogor

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek jalur sekaligus meninjau sarana dan prasarana Operasi Lilin di Bogor, Jawa Barat. Kunjungannya ini merupakan pengecekan lanjutan kesiapan Operasi Lilin 2022 menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Kita melakukan survei-survei awal, ini umum kita laksanakan, nanti tanggal 7 akan kita laksanakan rapat kerja selain survei rutin yang kita kerjakan untuk memastikan kesiapan jajaran maupun kesiapan sarana dan prasarana yang biasanya dijadikan sasaran untuk pengamanan natal dan tahun baru,” Firman dikutip dari NTMC Polri, Senin (5/12/2022).

Firman melanjutkan, selain melihat sejauh mana kesiapan, Korlantas Polri juga menegaskan kepada personel yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum pelaksanaan operasi.

Seperti cara bertindak saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas maupun jalur-jalur alternatif yang akan diterapkan guna mencegah penumpukan kendaraan.

“Penting saya sampaikan kepada jajaran yang nanti akan melaksanakan tugas pengamanan ini, untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang CB (cara bertindak) yang akan dikerjakan maupun informasi pada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan,” kata dia.

Firman menyebut dari hasil perhitungan kapasitas di jalur puncak diketahui mencapai angka 40.000 kendaraan artinya kendaraan yang masuk ke jalan tol maupun lewat jalur alternatif telah dihitung agar tidak terjadi over kapasitas, agar tak terjadi penumpukan kendaraan.

“Oleh karena itu penting kita lakukan ketika jam demi jam berlalu petugas sudah menghitung sampai batas dan indikator mana, apakah di jalan tol ekor yang sudah kelihatan padat contoh ke arah puncak akan dibelokan ke arah bogor kota lewat jalan arteri dan lain sebagainya,” kata dia.

Sebagai informasi Korlantas Polri telah mengecek kesiapan pos Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru, di Pos Lalu Lintas (Lantas) Cikopo, Jawa Barat dan Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah hingga Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur, pada 28-29 november 2022 lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/06/064200915/polisi-siapkan-rekayasa-lalu-lintas-di-puncak-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke