Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Aman Lewat Jalur Lintas Sumatera Malam Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera baru saja menyelesaikan perjalanan dari Jakarta ke Banda Aceh. Tim melewati berbagai ruas jalan, dari Jalan Tol Trans-Sumatera sampai Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera.

Secara kondisi jalan, untuk jalan tol sampai saat ini masih belum terhubung semua. Beberapa ruas terutama dari Lampung ke Palembang, kondisi jalan masih banyak yang diperbaiki dan sedikit bergelombang.

Sedangkan untuk Jalintim Sumatera, kondisinya beragam, ada yang mulus seperti dari Jambi-Pekanbaru dan Medan-Banda Aceh. Namun ruas lain seperti Palembang-Jambi, Rantauprapat-Medan masih ada pekerjaan jalan dan lubang.

Sebagai tips, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sebisa mungkin jangan lewati lintas Sumatera saat malam hari, baik lewat tol maupun non tol.

"Penerangan lampu jalan tol cukup minim, kecuali di persimpangan dan mendekati gerbang tol," ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Memang visibilitas saat malam hari yang kami rasakan adalah cukup minim. Hal ini yang bisa berbahaya karena ada sejumlah truk yang lampu belakangnya mati dan tidak memakai stiker pemantul cahaya, jadi tidak kelihatan.

Apabila terpaksa melintas di malam hari, pastikan kondisi kendaraan prima, terutama sektor penerangan. Jaga kecepatan secara konstan dan jarak aman dengan kendaraan di depan untuk mengantisipasi jika terjadi rem mendadak atau insiden.

Usahakan cari teman perjalanan. sebisa mungkin mencari mobil atau kendaraan lain yang searah untuk jalan bersama atau beriringan. Cara ini dinilai lebih aman daripada harus berjalan sendiri.

"Ketiga, kondisi cuaca tidak bersahabat ditambah banyaknya truk ODOL yang merusak sebagian permukaan jalan tol. Jadi bumpy dan terkelupas," ucapnya.

Kemudian ruas tol yang panjang, lebih dari 400 Km membuat pengemudi cepat mengantuk karena tidak beristirahat di rest area. Untuk rest area, untuk tol dari Lampung ke Palembang sudah diisi banyak rest area yang mumpuni dan lengkap.

Sedangkan di ruas non tol atau Jalintim, kondisinya bisa lebih berbahaya kalau dilewati saat malam hari. Selain jalan yang rusak, begal atau aksi kriminal di area tersebut juga masih marak.

Ketika tim melintas pun, tempat untuk istirahat sangat sedikit di pinggir jalan. Selain itu, khawatir juga ketika beristirahat malah jadi sasaran aksi kriminal karena areanya yang relatif sepi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/02/152100015/tips-aman-lewat-jalur-lintas-sumatera-malam-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke