Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitsubishi Triton Sukses Selesaikan AXCR Tanpa Masalah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Ralliart mengikuti Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 dengan mengandalkan Mitsubishi Triton. Dengan kondisi yang hampir standar, double cabin ini berhasil menyelesaikan reli tanpa masalah.

Mitsubishi Ralliart memenangkan reli ini dengan Chayapon Yotha dan Peerapong Sombutwong. Sementara pasangan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan, berada di peringkat kelima.

Mitsubishi Triton yang digunakan bisa dikatakan minim perubahan jika dibandingkan peserta lainnya. Sebab, Mitsubishi Motors memang ingin Triton ini sebisa mungkin tidak jauh kondisinya dengan mobil standar.

Ubahannya hanya kap mobil dan keempat pintunya yang diganti menjadi bahan serat karbon. Lalu, disematkan roll cage dan underguard.

Sedangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang, ban off-road berdiameter besar, dan pelek ringan, disetel untuk meningkatkan handling di permukaan jalan yang kasar.

Untuk setelah mesin 2.4 L diesel turbo yang dimiliki Triton, Mitsubishi fokus mereduksi friction loss dan bobot.

Selain itu, fokus juga untuk meningkatkan respons pada rentang kecepatan menengah yang sering digunakan dalam reli. Hanya remap ECU dan kondisi mesin bisa dikatakan standar.

Triton yang digunakan Rifat memang sempat bermasalah, yakni pecah ban dan kerusakan suspensi. Tapi, itu di luar dari parts bawaan Triton.

"Kita pakai Motech, data logging, jika sesuatu terjadi, kesalahan dari kita, dia bisa baca. Tapi, saat ini kita lihat adalah masalah teknis bukan dari sasis, bukan dari bodi, tapi dari motorsport parts itu," ujar Rifat, saat ditemui di Buriram, Thailand, Selasa (22/11/2022).

Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, mengatakan, setelah reli, timnya mengecek semua kendaraan bersama teknisi dari Mitsubishi Motors. Kedua mobil tersebut baik-baik saja.

"Triton ini memiliki handling dan suspensi yang luar biasa, sehingga ini benar-benar mobil yang cocok untuk reli yang berat semacam ini," ujar Masuoka, kepada wartawan, dalam konferensi pers, Senin (28/11/2022).

Masuoka menambahkan, banyak sekali masukan yang didapatkan dari hasil reli ini. Semua ini akan dikumpulkan untuk bisa mengembangkan Triton yang lebih kuat lagi, lebih tahan lagi ke depannya.

"Sehingga, apabila nanti berkompetisi lagi, kita bisa memiliki kendaraan yang lebih baik lagi," kata Masuoka.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/29/144100815/mitsubishi-triton-sukses-selesaikan-axcr-tanpa-masalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke