Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peta Rute Bus Listrik di Bali Selama KTT G20

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kendaraan listrik digunakan sebagai moda transportasi untuk mempermudah mobilitas selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali berlangsung.

Kendaraan tamu dan delegasi pun menggunakan kendaraan listrik. Selain itu, ada juga ojek motor listrik gratis serta bus listrik dengan rute tertentu yang juga bisa dinikmati secara gratis.

Sebelumnya, kehadiran bus listrik tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan percepatan transisi energi, dengan total 41 unit bus listrik. 30 unit di antaranya disediakan oleh Kementerian Perhubungan RI, sedangkan 11 unit lainnya disiapkan oleh sejumlah perusahaan.

Sebanyak 30 unit bus yang disiapkan Kemenhub tersebut adalah Bus Listrik Merah Putih (BLMP), diproduksi dengan TKDN 76,98 persen; merupakan kerja sama pengembangan kendaraan listrik BUMN dan konsorsium perguruan tinggi di Indonesia.

Dikutip dari laman media sosial Kementerian Perhubungan RI, Rabu (16/11/2022), bus ini melayani 4 koridor secara gratis; dengan rute sebagai berikut:

Secara terperinci, untuk rute Bus Bandara I Gusti Ngurah Rai-Nusa Dua disediakan 5 bus besar dan medium dengan waktu tempuh 26 menit, serta jarak tempuh 13,5 kilometer. Di Bandara, tersedia bus feeder Trans Sarbagita dari Sentral Parkir Kuta (non bus listrik), serta bus rute Lapangan Lagoon Samabe Villas & Suites.

Untuk rute Lapangan Lagoon-Samabe Bali Suites & Villas, tersedia 6 bus medium dengan waktu tempuh 30 menit. Berikut adalah titik lokasi yang dilewati:

Selanjutnya, bus dengan rute Nusa Dua Beach Hotel-The Apurva Kempinski terdiri dari 8 bus medium dengan waktu tempuh 39 menit, jarak tempuhnya adalah 11,4 kilometer. Berikut adalah perincian peta rutenya:

  • Nusa Dua Beach Hotel & Spa
  • The Westin Resort, The Laguna Hotel
  • Hotel Melia Bali
  • Bali Collection
  • Grand Hyatt Bali
  • Ayodya Resort Bali, Merusaka Nusa Dua
  • The Apurva Kempinski

Rute terakhir melayani lokasi Bali Collection-Hotel Ritz Carlton. Armadanya terdiri dari 5 bus besar dan medium, dengan waktu tempuh 15 menit dan jarak tempuh 5,7 kilometer:

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/16/061200215/peta-rute-bus-listrik-di-bali-selama-ktt-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke