Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik | Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara mobil matik yang masih asal mengoperasikan transmisi, khususnya ketika berhenti lama atau sedang parkir.

Kebanyakan pengendara langsung memilih menggeser atau memindahkan tuas transmisi ke posisi P (parking) dari D (drive). Begitu juga sebaliknya ketika akan mulai berjalan.

Proses perpindahan tersebut sebenarnya kurang tepat dilakukan. Bahkan bila pengendara sensitif, terkadang saat transisi terasa ada hentakan keras.

Sementara itu, berdasarkan data di atas kertas, sebagai pendatang baru Honda WR-V yang menggunakan mesin 1.500 cc layaknya BR-V, memiliki tenaga sebesar 121 PS atau 119,2 tk dan torsi 145 Nm.

Tenaga tersebut lebih besar dari para rivalnya yang sudah lebih dulu hadir meramaikan segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Sebut saja seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, sampai duet merek Korea Selatan yang mengusung mesin 1.500 cc, yakni Kia Sonet dan Hyundai Creta.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin (14/11/2022):

1. Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik

Hermas E Prabowo, pemilik Worner Matic mengatakan, cara tersebut tidak benar dan bila jadi kebiasaan bisa mempengaruhi usia komponen transmisi.

Menurut Hermas, paling utama saat akan memindahkan posisi tuas transmisi yang harus benar-benar dipastikan mobil sudah dalam kondisi berhenti.

"Sebelum memindahkan posisi gigi dari D ke P, keempat roda kendaraan dipastikan berhenti total. Hal itu untuk mencegah gigi transmisi overheat karena terbebani perpindahan mendadak," kata Hermas kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

2. Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini

Hal ini menjadi salah satu poin plus bagi Honda WR-V sebagai pendatang baru, selain dari bentuk desain yang boleh dibilang lebih fresh sebagai small SUV.

Namun bukan berarti WR-V langsung menang telak. Bila diperhatikan, ada beberapa kekurangan yang membuat SUV baru Honda ini terkesan tanggung dari segi fitur.

Pertama, soal absennya opsi transmisi manual. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengeluarkan WR-V dalam tiga varian yang semuanya dibekali transmisi CVT.

3. Mitos atau Fakta, Matikan Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor?

Aki tekor pada mobil matik jadi masalah serius. Namun apakah sudah tahu salah satunya dikarenakan salah dalam hal pengoperasian transmisi.

Beberapa kasus aki tekor terjadi karena pemilik tidak paham mengenai prosedur mematikan mesin mobil matik yang benar.

"Mobil matik dengan kunci keyless aki tekor karena posisi gigi di netral (N). Pada posisi tersebut, kelistrikan mobil masih aktif Acc (accessory) yang mengalirkan arus ke masing-masing komponen," ucap Teguh Dwi Harianto, Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

4. Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, Dapat Corolla sampai CR-V

Mobil bekas dapat menjadi alternatif untuk konsumen yang menyiapkan modal terbatas. Saat ini, pilihan mobil bekas semakin beragam dan harganya bervariasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Calon pembeli harus teliti dana melakukan pemeriksaan kondisi unit mobil, agar tidak ada kerusakan yang berpotensi memakan biaya lebih banyak nantinya.

Bagi pembeli yang ingin membeli mobil bekas dengan modal Rp 50 jutaan, pilihannya sangat beragam mulai dari mobil MPV hingga SUV.

5. Innova Diesel Stop Produksi? Ini Kata Toyota

Kehadiran Toyota Innova Zenix Hybrid di Indonesia semakin dekat. Bocoran soal fitur dan harganya pun sudah mulai banyak keluar.

Di tengah kabar tersebut, ada juga rumor yang beredar bawah Innova Zenix tidak akan tersedia lagi varian mesin diesel. Generasi terbaru Innova itu kabarnya hanya memiliki dua varian, yakni mesin bensin dan hybrid.

Bahkan, stok Kijang Innova diesel kabarnya sudah tidak ditemukan di diler-diler Toyota. Salah satunya seperti diler di Bekasi yang mengaku sudah tidak menjual Toyota Kijang Innova diesel sejak bulan lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/15/060200515/populer-otomotif-kebiasaan-buruk-langsung-pindahkan-gigi-dari-d-ke-p-pada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.