Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alvin Bahar dengan Honda Civic Type R, Dominan di Kelas ISTCR 3600 Max

BOGOR, KOMPAS.com - Honda Racing Indonesia pada tahun ini mengikuti Kejurnas Mobil Balap di kelas ISTCR 3600 Max dengan menggunakan Civic Type R yang dikemudikan Alvin Bahar.

Pada ISSOM musim 2022, Alvin Bahar mengukir prestasi yang sangat baik. Tercatat dari seri pertama sampai keenam, pebalap senior dengan nomor start 11 tersebut selalu juara, finis posisi pertama.

Mengenai mobil yang digunakan, Alvin mengatakan kalau Civic Type R masih dalam kondisi yang cukup standar. Tidak banyak ubahan ekstrem yang dilakukan agar mendapat performa yang maksimum.

"Kebetulan Honda Civic yang saya kendarai itu belum di-develop secara maksimal. Honda Civic Type R, memang sudah born to race, dan kita di sini mau memperlihatkan bahwa dalam kondisi standar itu bisa langsung juara," ucap Alvin di Bogor, Minggu (6/11/2022).

Bahkan Alvin merasa dirinya saat diuntungkan ketika menyetir Civic Type R di kelas ISTCR 3600 Max. Bahkan tidak terasa ada persaingan yang berarti dari para pebalap lain di kelas yang sama.

Alvin menjelaskan, di kelas ISTCR biasanya diikuti mobil yang sudah dimodifikasi secara penuh untuk balap. Tentu banyak bagian yang dikembangkan, diriset agar mendapatkan performa terbaik dan sebenarnya tetap ada risiko gagal.

"Sedangkan pakai Civic Type R, cukup pasang kursi, seatbelt 4 poin, pasang rollbar, bahkan sampai remnya masih asli Type R dan itu langsung juara," ucap Alvin.

Tetapi untuk tahun depan, Alvin dan tim dari Honda Racing Indonesia tidak bisa bersantai, akan datang pebalap dengan mobil yang lebih kompetitif. Jadi akan terus dikembangkan seperti apa Civic Type R dari HRI yang akan dikemudikan.

"Kebetulan sudah ada dua pebalap yang memesan mobil TCR dan satu sudah datang (ke Indonesia) cuma enggak keburu. Jadi tahun depan kita enggak bisa sesantai itu, kita mau nunjukin bahwa Civic Type R juga siap berkompetisi dan siap untuk menang," kata Alvin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/07/180100615/alvin-bahar-dengan-honda-civic-type-r-dominan-di-kelas-istcr-3600-max

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke